DR. YUDI KRISMEN US S.H., M.H : “Mari Kita Jadikan Batik Sebagai Identitas Bangsa.

319

PEKANBARU  –  Bertepatan pada Hari Senin 02 Oktober 2018 merupakan menjadi Hari Batik Nasional, biasanya  lapisan masyarakat Indonesia mulai dari Pegawai Pemerintah, Pegawai BUMN, hingga pelajar dianjurkan untuk memakai batik, Selasa (02/10/2018).

Hari Batik Nasional sudah ditetapkan oleh UNESCO, sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Karena itu, Dr. Yudi Krismen US S.H., M.H selaku Dosen Tetap Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR), mengingatkan kecintaannya terhadap batik sebagai salah satu karya anak bangsa harus dimunculkan sejak dini.

Batik Indonesia adalah suatu identitas bangsa, ini sebagai warisan budaya Indonesia oleh dunia, seharusnya masyarakat menjadi tersadar bahwa batik adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan, ujarnya.

Menurutnya, Batik mempunyai nilai artistik yang sangat tinggi dan ampir semua daerah di Indonesia mulai memproduksi batik.

Baca Juga  Nurhayati Disambangi Team Jum'at Barokah Polresta Pekanbaru Dengan berlinang Air Mata

Harapan saya, semoga kita makin menghargai batik indonesia, terutama batik yang dikerjakan dengan tenunan tangan. karena disitulah hanya orang Indonesia yang bisa mengerjakan secara baik, ”ujar Dr. Yudi.

Batik sebagai identitas bangsa atau Nation Branding , setiap batik mempunyai motif yang memuat filosofi kehidupan masyarakat Indonesia bangsa.

“Ini Nation Branding, ini identitas kita, ini juga yang mempersatu kita sebenarnya sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan, sampai akhirnya batik pun diakui Dunia Internasional sebagai warisan budaya asli Indonesia.

 

Editor : H. R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here