Mobil Sosialisasi KPK

KPK Bakal Sambangi Kabupaten Rawan Korupsi

JAKARTA (FokusKriminal.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan akan menyosialiasikan pemberantasan dan pencegahan tindak pidana korupsi kepada masyarakat di 11 kota melalui program Jelajah Bus Antikorupsi.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, dalam acara peluncuran Jelajah Bus Antikorupsi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin kemarin menyampaikan, program tersebut guna meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam memberantas korupsi.

Menurut Alexander, bus yang identik dengan warna biru-putih tersebut bertugas untuk mengampanyekan pengetahuan antikorupsi di sebelas kota yang akan dikunjungi.

Selain itu, diketahui bus tersebut dilengkapi berbagai teknologi dan perangkat sosialisasi yang bisa digunakan masyarakat untuk semakin memahami korupsi dan cara membasminya.

“Ini merupakan salah satu cara dan upaya kita untuk hadir di tengah masyarakat secara langsung untuk mensosialisasikan dan memerangi kejahatan korupsi,” terangnya.

Disebutkannya, target kampanyenya KPK kali ini adalah masyarakat umum yang terdiri dari pelajar, guru, mahasiswa, dosen, aparat pemerintahan, komunitas, dan lain-lain.

Program ini adalah salah satu upaya KPK dalam pencegahan korupsi. Pencegahan korupsi merupakan sebuah proses panjang yang terus dilakukan KPK. KPK harus secara konkret berinteraksi dengan masyarakat untuk memberikan pengetahuan mengenai korupsi dan cara melawannya.

Menurut Alex, ini merupakan kali kedua KPK melakukan program serupa setelah pada 2014 lalu, bus ini melakukan perjalanan ke Yogyakarta dan sekitarnya untuk mendukung peringatan Hari Antikorupsi Internasional 2014.

Hanya saja, lanjut Alex, bus ini sebelumnya berwarna hitam dan ditempatkan di Taman Pintar Yogyakarta selama kurang lebih 1 tahun dan mengunjungi berbagai tempat untuk sosialisasi antikorupsi kepada masyarakat secara langsung.

Adapun tema antikorupsi melalui bus tersebut kali ini adalah “Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi” akan dimulai tanggal 24 September hingga 31 Oktober 2018.

Kabupaten atau kota yang akan dikunjungi adalah Indramayu, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Klaten, Magelang, Purbalingga, Ciamis, dan Bandung.

Di setiap kota atau kabupaten, KPK akan menggelar berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan target sasaran, seperti sekolah, kampus, tempat keramaian publik atau alun-alun, acara car free day, dan sebagainya, di masing-masing kota atau kabupaten yang dilewati.

Kegiatan utama yang akan dilaksanakan dalam rangkaian Roadshow Bus KPK 2018 di setiap daerah yang dikunjungi adalah melakukan edukasi antikorupsi untuk pelajar dan masyarakat umum, sosialisasi e-LHKPN, dan gratifikasi, dan kuliah umum di perguruan tinggi.(Sag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *