Ustadz Ismail Akzam, M.A. Dosen PBA FAI UIR Syiarkan Bahasa Arab Untuk Tiga Negara

oleh -125 views

PEKANBARU, Fokuskriminal.com – Ustadz Akzam begitu panggilannya, beliau adalah dosen Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Riau (UIR) sedang menempuh studi di program PhD of Arabic Linguistic IIUM Malaysia berazam mensyiarkan bahasa Arab untuk tiga negara: Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Pembelajaran Bahasa Arab di zaman revolusi industri 4.0 sekarang perlu menciptakan kreatifitas dan inovasi dalam menyampaikan materi-materi ilmu yang kompleks. Terlebih lagi materi bahasa Arab yang dinilai dan dianggap sebagai pelajaran yang sangat lengkap dan tinggi.

Sebagai dosen dan pengajar bahasa Arab, Ustadz Akzam berusaha dan berupaya bersama Tim Rauda Media untuk memberi pelajaran bahasa Arab berbasis teknologi melalui channel Youtube yang diberi nama Rauda Media. Channel ini dibuat agar bisa dimanfaatkan oleh Masyarakat Asia Tenggara khususnya Umat Islam di Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Pembelajaran bahasa Arab memerlukan pembaharuan terus-menerus tiada henti. Karena di era sekarang tantangan untuk memahamkan bahasa Arab kepada generasi milenial bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi revolusi industri 4.0 adalah era berbasis digital, semakin diperlukan pembelajaran bahasa Arab dengan serba teknologi dan menarik. Agar generasi sekarang dapat termotivasi dan bersemangat untuk mempelajari bahasa Arab. Walaupun seorang fasilitator seperti pengajar, guru, bahkan dosen tidak bisa dinafikan keberadaannya secara langsung di hadapan pebelajar bahasa Arab untuk bertanya dan memperjelas materi-materi yang belum dipahami dan pentingnya praktik bahasa Arab secara langsung dibimbing oleh fasilitator tersebut.

Ustadz Akzam dan Tim Rauda Media bercita-cita segala usaha dan upaya ini menjadi amal jariyah dan bermanfaat bagi generasi Islam selanjutnya sampai hari kiamat.

Ustadz Akzam dengan usaha dan upaya ini bercita-cita agar Universitas Islam Riau menjadi kiblat pembelajaran bahasa Arab di Propinsi Riau khususnya dan Indonesia umumnya. Dengan demikian generasi Islam tidak perlu jauh-jauh belajar bahasa Arab terutama kaum wanita yang memerlukan mahram saat safar ke daerah dan negeri lain.

Insya Allah cita-cita UIR menjadi unggul 2020 tercapai. Bahasa Arab semakin dicintai oleh anak-anak Islam dan umat yang bersejarah menghiasi perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan.

Jangan lupa subscribe dan like channel youtube RAUDA MEDIA.

Motto Hidup Ustadz Akzam:
Sabar dan Yakin sebab kebahagian hidup ini. Aamiin.