Semangat Babinsa Tingkatkan Swasembada Pangan

oleh

BELTIM, Fokuskriminal.com – Semangat Babinsa Desa Cendil Sertu Budiman dan Batihtuud Pelda Herman Efendi bersama masyarakat petani Desa Cendil dalam usaha meningkatkatkan swasembada pangan melaksanakan panen padi perdana di persawahan Desa Cendil, Senin (21/01/2019).

Batihtuud dan Babinsa dari Koramil 05 Kelapa Kampit ini Pelda Hermab Efendi bersama Sertu Budiman melaksanakan panen raya di area persawahan cendil yang dicetak tahun 2017 seluas 32, 11 ha atas kerjasama antara Kementrian Pertanian dengan TNI AD sudah membuahkan hasil.

Loading…

Panen perdana dari kelompok tani Air Liimpas Jaya ini sawaho yang dipanen milik Bapak Keman walaupun sudah berumur 62 th tapi tetap semangat bertani padi sawah yang saat ini sedang menanam padi seluas 1 Ha dari pembagian tahun 2017 yang lalu. Adapun padi yang cocok dengan persawahan di cendil ini varietas Infari 32. Hasil yang dicapai dari hasil ubinan oleh dinas pertanian di perkirakan menghasilkan 3 – 4 ton/ ha. Dengan adanya panen raya ini diharapkan menjadi motivasi baru bagi petani oetani lainnya untuk lebih optimal dalam mengelolah kembali sawah sawah yang belum dimanfaatkan belum ditanami dengan baik.

Denga adanya panen perdana kali ini denganhasil yang muaskan harapan bersama kelompok tani Air Limpas dimasa masa yang akan datang akan mampu memenuhi kebutuhan pangan untuk Desa Cendil khusus nya dan Kecamatan Kelapa Kampit pada umumnya. Dalam pelaksanaan panen juga hadiri oleh Bapak Supangat selaku kepala BPP Kab Beltim. Ibu Alinia selaku PPL Desa Cendil Kecamatan Kelapa Kampit.

(Rh/Andi)