Operasi Tangkap Tangan(OTT)KPK Berhasil Mengamankan Bupati Mesuji

oleh

MESUJI LAMPUNG, Fokuskriminal.com – Penyidik KPK kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) yang kali ini berhasil mengamankan Bupati Kabupaten Mesuji, Khamami. Dalam operasi senyap tersebut, KPK berhasil mengamankan uang mencapai Rp 1 miliar.

“Tadi diamankan uang dalam satu kardus air minum dengan pecahan Rp 100 ribu,” ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dihubungi, Kamis (24/01/19).

Loading…

“Kalau jumlahnya estimasi 1 kardus itu Rp 1 miliar ya. Tapi pastinya jumlah pastinya nanti kami sampaikan,” sambung dia.

Febri menyebut uang tersebut diamankan KPK karena diduga berasal realisasi proyek infrastruktur di dinas PUPR Kabupaten Mesuji.

“Diduga bagian dari realisasi komitmen fee proyek-proyek infrastruktur di dinas PUPR tahun anggaran 2018 di Mesuji,” ucap Febri.

Dalam operasi itu, Febri menyatakan, tim KPK juga berhasil mengamankan delapan orang yang diduga terlibat dalam realisasi pemberian suap terhadap Bupati.

“Ada total delapan orang yang diamankan dari di tiga lokasi di Lampung,” tutur Febri.

Khamami dan 7 orang itu ditangkap di 3 lokasi yaitu Bandar Lampung, Lampung Tengah, dan Mesuji. Mereka kemudian dibawa ke Polda Lampung serta sejumlah kantor polres untuk menjalani pemeriksaan awal.

KPK menduga ada transaksi haram terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. KPK juga sudah menyita uang di dalam kardus yang diduga sebagai suap.

“Kami menduga ada beberapa proyek karena nilai commitment fee-nya cukup besar,” sebut Febri.

(San)