HPI Babel Kunjungi Kelompok Tani Sorghum

oleh

PANGKALPINANG, Fokuskriminal. com – Tampaknya ada harapan yang besar bagi masyarakat petani Bangka Belitung, khususnya para petani yang menanam Sorghum.

Pasalnya perusahaan PT Duta Utama Keselarasan yang menjadi rekanan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan (Kep) Bangka Belitung (Babel), saat ini sudah melakukan pembelian gabah Sorghum dari para petani atau kelompok petani yang telah memanenkan  sorghumnya.

Loading…

Keberhasilan mereka dalam menanam dan membudidayakan sorghum tak terlepas binaan  dan pantauan  Deddy Hartady,  koordinator tim gerakan tanam dan budidaya sorghum Prov Kep Babel.

Kemarin Rabu, (30/1/2019) HPI Babel berkesempatan diajak oleh Deddy Hartady,  bersama Dadang Mulyadi Direktur utama PT Duta Utama   Keselarasan diajak langsung untuk melihat secara langsung hasil panen para kelompok petani sorghum yang dibinanya.

Titik pertama, Deddy mengajak melihat hasil panen dari kelompok tani sorghum di Desa Air Itam Kota Pangkalpinang, dan PT Duta Utama Keselarasan setelah meneliti kadar kekeringan gabah sorghum, langsung membeli hasil panen kelompok tani  sorghum desa Air Itam.

” Ada sekitar 3 kwintal atau 300 kilogram gabah sorghum yang kita beli dari kelompok tani desa Air Itam ” Kata Dadang Mulyadi Direktur Utama PT Duta Utama Keselarasan kepada Pewarta HPI Babel, Rabu (30/1/2019).

Kemudian, perjalanan dilanjutkan ke desa yang ada di Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah, melihat hasil panen sorghum dari kelompok tani di desa Sungai Selan.

Kepada Pewarta HPI Babel, Dadang mengaku rencananya hari itu pihak PT Duta Utama Keselarasan siap membeli gabah sorghum dari kelompok tani yang ditinjaunya dengan harga terendah Rp
3.500/kg.

” Rencananya hari ini kami siap membeli gabah sorghum dari kelompok tani sebanyak 5 ton, namun karena gabah sorghum belum cukup kering maka tidak semua yang bisa kami beli, kami anjurkan kepada petaninya agar untuk dijemur kembali ” Kata Dadang mantan Direktur Perniagan PT Timah Tbk.

Sementara itu, Andok (35) salah satu perwakilan kelompok tani dari desa Sungai Selan mengatakan sangat senang karena panen perdana dari menanam sorghum  dibeli langsung oleh Dadang Mulyadi  Direktur Utama PT Duta Utama Keselarasan.

” Alhamdulillah kami tidak menunggu waktu yang cukup lama, hasil panen perdana kami dibeli langsung oleh pak Dadang, kami berharap semoga sorghum menjadi komoditas andalan Bangka Belitung dan  para petani sorghum tentunya sejahtera ” Pungkas Andok.