Wakapolda Banten Hadiri Sosialisasi dan Koordinasi Satgasda PAM Bansos dan Hibah APBN

oleh
Wakapolda Banten Hadiri Sosialisasi dan Koordinasi Satgasda PAM Bansos dan Hibah APBN

SERANG, Fokuskriminal.com – Wakapolda Banten Drs Brigjen Pol Tomex Kurniawan menghadiri acara Sosialisasi dan Koordinasi dan Sosalisasi Satuan Tugas Daerah Pengamanan dan Penegakan Hukum (Satgasda PAM dan Gakkum) Hibah dan Bansos APBN Provinsi Banten.

Acara tersebut, turut dihadiri Wakil Gubernur Banten H. Andika Hazrumi, Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs Tomex Kurniawan, Dirbinmas Kombes Pol Oki Waskito S.H S.IK, Dirkrimsus Kombes Pol H Rudi Hananto N S.H, Kapolres Jajaran, Pj Sekda Banten Ino S Rawita, Dirjen linjamsos Kemensos RI, Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, Dirjen Penanganan FM Kemensos RI, para pendamping PKH, Jamsosratu, dan TKSK se-Provinsi Banten.

Loading…

Wakapolda Banten, Brigjen Pol Drs Tomex Kurniawan mengatakan, setelah mendengar penyampaian dari Wakil Gubernur Banten betapa beratnya tugas Gubernur, Wakil Gubernur dan Bupati serta Walikota, tapi insya Allah banyak juga pahala kalau dilaksanakan dengan baik, dibalik itu banyak orang pengen menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur. Dulu dirinya pernah menyampaikan bahwa tidak akan sempurna iman umat muslim apabila dzalim kepada sesama, ini tidak bicara agama tapi berbicara kemanusiaan.

“Saya dan bapak semua ini sebenarnya adalah saudara, sekandung karena kita anak dan keturunan Nabi Adam Alaihisalam (As). Artinya kalau yang disampaikan pak Wakil Gubernur, saudara kita yang masih dalam garis kemiskinan memang harus dibantu. Saya minta dengan segala hormat saudara didampingi dengan baik dan benar kenapa demikian ini ada kata kata GAKUM saya hadirkan Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) saya Kombes Pol H. Rudy Hartanto juga Direktur Binmas (Dirbinmas) saya Kombes Pol Oki,” ujar Wakapolda dalam sambuatannya, di Aula Pendopo Gubernur Banten, Jl. Syekh Nawawi Al-Bantani Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Jumat (01/01/2019).

Wakapolda menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pengawasan penyaluran dana hibah kepada masyarakat melalui bantuan hibah Bansos yang bersumber dari APBN, kemudian akan disalurkan di seluruh wilayah Provinsi Banten agar tepat sasaran, efektif dan efisien.

“Kebetulan Kapolres Cilegon dan Pandeglang adalah mantan penyidik KPK, dan kita sudah ada kerjasama Polda dengan KPK. Begitu ada laporan langsung kita proses, kenapa saya sampaikan kita jangan pernah berharap dan berkeinginan berurusan dengan hukum. Lebih baik kita berurusan dengan rasa persaudaraan dengan membantu sesama,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten H. Andika Hazrumy mengungkapkan, dalam rangkaian acara sosialisasi dari kesatuan tugas Gakumdu PAM atau bisa disebut Satgasda PAM Gakum terkait dengan hibah Bansos yang bersumber dari APBN di Provinsi Banten, tentu mewakili Pemerintah Provinsi Banten sangat mendorong dan memberikan apresiasi terhadap didirikannya satuan tugas ini.

“Supaya dapat mengawal bantuan hibah Bansos yang bersumber dari APBN yang akan disalurkan di seluruh wilayah Provinsi Banten agar tepat sasaran, efektif dan efisien,” ucap Andika

Andika menjelaskan, bisa dilihat bahwa peningkatan bantuan hibah Bansos dari Pemerintah Pusat wabil khusus dari Kementrian Sosial ini merupakan salah satu langkah untuk bagaimana Pemerintah Daerah terbantu menekan angka kemiskinan. Menurut data, kata dia, memang selama ini dijadikan landasan untuk menuntaskan terkait dengan permasalahan kemiskinan di Provinsi Banten tahun 2002.

“Angka kemiskinan di Provinsi Banten ini mencapai 9,22 persen dan alhamdulilah ditahun 2018 menurun. Sekarang sudah diangka 5,22 persen ini merupakan salah satu langkah kongkrit sinergitas baik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Banten untuk bagaimana kita mendapat antisipasi dan menekan angka kemiskinan yang ada di Banten ini,” pungkasnya. (red)