Kunjungan Kerja Tim Sergab Sterad dan Peninjauan Panen Perdana di Wilayah Kodim 0117/Atam

oleh

ACEH TAMIANG, Fokuskriminal.com – (12/02/2019) Kodim 0117/Atam terima Kunjungan Kerja (kunker) tim Sterad dalam rangka Pengawasan Sergap di Makodim 0117/Atam Jln. Lintas Medan-Banda Aceh, Desa Sungai Liput, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, sekaligus Peninjauan Panen Perdana di Desa Air Tenang, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang.

Dalam Sambutannya Dandim 0117/Atam Letkol Inf Deky Rayusyah Putra, S. Sos, M. I. Pol Mengucapakan terimakasih dan selamat datang kepada Ketua Tim beserta rombongan Sterad di Makodim 0117/Atam, Melalui kegiatan Sergap Pertanian merupakan suatu perintah dari komando atas untuk melakukan kegiatan melalui Pembangunan Pertanian diwilayahnya masing-masing, untuk Kab. Atam luas Pertanian -+ 9. 889,18 Ha dan tersebar dibeberapa titik dan tidak ada yang mempunyai Irigasi semuanya merupakan sawah tadah hujan dan hari ini Selasa tanggal 13 Februari 2019 akan melaksanakan Panen perdana bertempat di Desa Air tenang Kec. Karang Baru, Kab. Atam, Terangnya.

Loading…

Dari hasil pantauan para Babinsa dan Penyuluh Pertanian dilapangan para Petani mengalami beberapa kendala, Kurangnya air karena jarangnyaa turun hujan, Banyaknya hama keong dan sulit untuk diberantas dan Adanya hama cekek leher yang merusak tanaman Padi, namun dalam hal ini Dim 0117/Atam sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kab. Atam dan Provinsi Aceh untuk mengatasi hal tsb diatas untuk membantu para Petani, Alat Pertanian perontok Padi yang modern menjadi kendala dilapangan karena pihak Bulog tidak mau menerima/beli dari Pertanian karena kadar airnya kurang bagus akan tetapi kalau cara perontok Padi secara manual baru diterima/dibeli dari para Petani karena kadar airnya lebih baik dan bagus, Tambahnya.

Sambutan dari Ketua Tim Sergap Sterad Mabesad Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P, M.S.I, Ucapan terimakasih atas sambutan dari Kodim 0117/Atam, Makodim 0117/Atam sudah bagus dan luar biasa perkembangannya hal ini harus kita dukung dan mensuport agar lebih maju dan sukses, Ungkapnya.

Tugas Tim Sergap adalah melakukan pendataan, pemetaan sampai ditingkat Desa, untuk pembelian dan pengumpulan beras adalah tugas Bulog, berikan semangat kepada mitra Dinas Pertanian untuk meningkatkan produksi sehingga target Sergap bisa tercapai untuk itu harus bersinergi dan Petani harus menjual Produksi Padinya ke Bulog sebanyak 10 %, melihat kendala Irigasi air karena tidak bisa panen 2 kali dalam setahun karena terkena dengan faktor air, ungkapnya lagi.

Untuk Hama Keong jadikan sebagai peluang untuk dipelajari selanjutnya harus dipraktekkan dilapangan kumpulkan para Babinsa kemudian berikan pembelajaran, pembekalan untuk bisa meningkatkan produksi Padi para Petani, Bulog mempunyai kewenangan untuk melakukan tugas pembersihan gudang, Operasi Pasar, import beras apabila terjadi gejolak dilapangan karena ukuran ketahanan pangan ada di Bulog dan beras harus tersedia setiap saat karena cadangan beras di Bulog minimal 2, 5 % dari jumlah penduduk suatu Kab/Kota kalau sudah terjadi impor beras yang rugi adalah Petani, Berikan semangat Kewenangan kepada Dinas Pertanian ajak Bulog untuk saling berkoordinasi dan kerjasama dilapangan bersama dengan Dinas Pertanian dengan sasaran bisa memenuhi target dan tercapai Swasembada Pangan, Tambahnya.

Ucapan Selamat datang rombongan tim Sergap Sterad ke Kab. Atam oleh Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn, semoga dengan kehadiran Tim sergap dapat membantu sekaligus penyemangat para Petani di wilayah Kab. Atam untuk kedepan lebih maju, kata dalam sambutannya.

Hadir di kegiatan ini, Ketua Tim Sterad Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P, M. S. I, Anggota Tim Sterad Kolonel Inf Mohamad Yamin Dano dan Kolonel Inf I Gusti Agung Adhiputra, Bupati Kab. Atam a.n. H. Mursil, SH, M. Kn, Dandim 0117/Atam Letkol Inf Deky Rayusyah Putra, S. Sos, M. I. Pol, Kasdim 0117/Atam Mayor Inf A. Yani, Kadis Pertanian Kab. Atam Syafuan, SP, Ka. BPS Kab. Atam Gusmir, S. SI, Para Danramil dan Pa Staf jajaran Dim 0117/Atam, Warga masyarakat dan tamu undangan.( JAZ )