Dandim 0117/Atam Hadiri Kegiatan ROKORNIS Perpustakaan dan Kearsipan Se-Aceh Tahun 2019 

oleh -180 views

ACEH TAMIANG, Fokuskriminal.com – Aceh Tamiang (14-02-2019) Komandan Kodim (Dandim) 0117/Atam Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, S. Sos. M.I. Pol. Menghadiri Kegiatan rapat koordinasi teknis (RAKORNIS) perpustakaan dan Kearsipan Se-Aceh Tahun 2019 di Kab.Aceh Tamiang yang bertempat di Hotel Grand Arya Desa Kampung Dalam Kec. Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang.

Penyampaian sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Drs.Syaharwardi, M.si. “Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan sebagai forum pertemuan antar pejabat Perpustakaan dan
Kearsipan di Pemerintah Aceh bersama Pejabat kabupaten/kota, dengan semangat Undang-undang Nomor 11 tahun 2006 tentang
Pemerintah Aceh kiranya dapat dijadikan wahana dalam merumuskan arah dan kebijakan Pembangunan Perpustakaan dan Kearsipan secara terkoordinir dan terarah untuk tujuan
harmonisasi serta menyelaraskan pembangunan,baik Pembangunan Nasional, pembangunan berskala Provinsi maupun pembangunan untuk daerah Kabupaten/Kota.
“Pada kesempatan ini, izinkanlah kami melaporkan tentang pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Perpustakaan dan Kearsipan Se-Aceh Tahun 2019, sebagai berikut:
Dasar Hukum Pelaksanaan:
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, Undang-Undang Nomr 7 Tahun 1971 tentang Ketentuan-ketentuan pokok Kearsipan, Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Qanun Aceh Nomor 13 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Loading…

“Biaya pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis(Rakornis) Perpustakaan dan Kearsipan Se-Aceh Tahun 2019 dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh Tahun 2019 (DPA Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh)

Sambutan serta Arahan Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.kn.
“Sebelumnya kami mohon maaf karena terlambat pada hari ini, karena ada kegiatan yasinan pada setiap hari kamis, dan saya ucapkan terima kasih karena telah memilih tamiang menjadi tempat Rapat koordinasi teknis perpustakaan dan kearsipan se-aceh. Untuk membangun fasilitas besar membutuhkan anggaran yang sangat besar, Rakornis ini menjadi agenda penting karena perpustakaan telah menjadi salah satu agenda Prioritas pembangunan Nasional, jadi tidak boleh lagi dipandang sebelah — mata, Perpustakaan harus jadi perhatian semua pihak.

“Perhatian Pemerintah dalam mengembangkan
perpustakaan sangatlah penting demi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, artinya minat baca di Aceh Tamiang harus
ditingkatkan, kita harus memperjuangkan bagaimana masyarakat dapat tertarik untuk membaca. Rakornis Perpustakaan dan Kearsipan Se-Aceh tahun 2019 yang diselenggarakan di kabupaten Aceh Tamiang ini, bertujuan Untuk
mengidentifikasikan permasalahan dan isu-isu strategis terkait pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca. Rakornis ini juga dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah Aceh yaitu menuju “Aceh Carong”. Salah satu cara meningkatkan Sumber Daya Manusia adalah dengan memanfaatkan perpustakaan.

“Rencana kita selain itu kita juga akan membangun taman yang indah di samping Kantor perpustakaan dan kearsipan, jadi disaat orangtua nya sedang berada di dalam pustaka melakukan aktivitas. Pemerintah mengakui, Selama ini Pemerintah kurang perhatian kepada Perpustakaan dan ke arsipan, padahal Dalam

Sambutan Gubernur Aceh sekaligus membuka Secara resmi acara rakornis yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan aceh a.n Dr. Wildan, M.Pd.”Pertama- tama izinkan saya menyampaikan bahwa hari ini saya mendapat tugas tambahan, perintah dari banda aceh saya dipercaya untuk membacakan kata sambutan pak gubernur.
Plt gubernur sedang dalam perjalanan dari palu menuju qrah pulang ke aceh dan alhamdullilah masyarakat aceh akan membangun mesjid di palu tepatnya di tanah bekas musibah gempa di palu hari itu.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Saudara-saudara sekalian yang telah memenuhi undangan untuk menghadiri Rakornis ini disamping itu kami juga memberi apresiasi terhadap kinerja Saudara-saudara dalam rangka membantu melaksanakan pengembangan Perpustakaan dan pelestarian Arsip yang berkaitan erat dengan pengembangan minat baca, pengembangan teknologi informasi bagi masyarakat masing- masing kabupaten/kota di Aceh.

“Pembangunan yang berlangsung selama Ini dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik dan terarah, namun pada kenyataan memperlihatkan bahwa masih terdapat berbagai kepincangan dan hambatan, baik dari segi perencanaan, pelaksanaan Maupun
pengawasannya, Untuk mendapatkan hasil yang maksimal
dari suatu kegiatan tentu sangat dipengaruhi oleh proses awalnya, yaitu tahap perencanaan, penyusunan program dan kegiatan. Untuk melahirkan sebuah program yang benar-benar menyentuh dan sesuai dengan keinginan masyarakat, kita perlu menggali apa yang mereka harapkan dengan memanfaatkan berbagai potensi.

“Proses perumusan kebijakan yang dapat memenuhi harapan masyarakat, perlu diawali dengan suatu kesepakatan bersama dalam rangka mensinergikan pemikiran dan pola pikir.

Dalam acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Perpustakaan dan Kearsipan Se-Aceh Tahun 2019 di Kabupaten Aceh Tamiang digelar selama 2 hari dimulai dari tanggal 14 februari hingga tanggal 15 februari dan Untuk Acara Esok Hari.

Yang di hadiri.
Bupati Kabupaten Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn,Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf Deky Rayusyah Putra, S. Sos, M. I. Pol,Kapolres Atam Akbp. Zulhir Destrian,Ketua DPRK Aceh Tamiang Fadlon,SH,Kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Aceh Dr. Wildan, M.Pd,Sekretaris dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Aceh Drs.Syaharwardi, M.si,Jajaran SKPK Kabupaten Aceh tamiang,Para Camat Wil Kabupaten. Aceh Tamiang,Para peserta Rakornis Perpustakaan dan Kearsipan Se-Aceh. ( FARID ).