Beraksi Saat Salat Jumat, Pembobol Rumah Kosong Diringkus

oleh -309 views

MALANG, Fokuskriminal.com –Polres malang mengungkap kasus pencurian, dengan motif mengincar rumah yang ditinggal penghuninya salat jumat, Seperti menimpa sebuah rumah di kawasan Jalan Joyo Taman Sari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, pada 21 Desember 2018 lalu.

Kedua pelaku pencuri berhasil diringkus. Adalah BF, 34, warga Jalan Bylira, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang; HPS, 35 warga Kemantren, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim).

Loading...

“Kejadian tersebut berhasil diungkap karena anggota di lapangan mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada jual beli yang diduga barang bukti pencurian,” ujar Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, Sabtu (16/2/2019).

Saat itu, kedua pelaku mondar-mandir di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP). Keduanya menggunakan sepeda motor dengan nomor polisi N 3760 DQ. “Kemudian ketika sampai di lokasi, pelaku mengincar rumah yang ditinggal penghuninya salat Jumat. Pelaku masuk rumah korban dari pintu belakang yang tidak terkunci,” terang Asfuri.

Setelah berhasil masuk, pelaku menggasak barang berharga milik korban. Seperti ponsel dan laptop. Barang-barang tersebut langsung dijual ke penadah, berinisial KH, 35 warga Tajinan, Kabupaten Malang. “Penadah ini merupakan residivis kasus yang sama,” kata Asfuri.

Adapun ponsel dijual dengan harga Rp 600 ribu. Sedangkan laptop dijual seharga Rp 1,3 juta. Dari hasil penyelidikan, kedua pelaku ternyata sudah melakukan pencurian di 7 lokasi berbeda. Modusnya, mengintai rumah yang ditinggal penghuninya. “Mereka melakukan aksi di rumah kosong yang ditinggal penghuninya. TKP hampir di seluruh wilayah Kota Malang,” paparnya.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Sedangkan penadah dikenakan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Asfuri mengimbau kepada masyarakat Kota Malang untuk berhati-hati ketika meninggalkan rumah. “Meski pergi sebentar, pastikan semua pintu dan jendela terkunci. Jangan beri celah pencuri untuk memasuki rumah,” pesan Asfuri.