Latihan Uji Terampil Prajurit Korem 045/Garuda Jaya

oleh -353 views

NAMANG, Fokuskriminal.com – Latihan Uji Trampil Perorangan (UTP) umum Teritorial tahun 2019 prajurit Korem 045/Garuda Jaya di gelar dilapangan Makorem selama Tiga hari mulai Selasa 26 hingga, Kamis (28/02/2019).

Kapten Czi Alex Syahrial sebagai Komandan latihan dan Kapten Inf Hasan sebagai Kepala Tim Penguji dalam kegiatan ini yang diikuti oleh 115 orang pelaku latihan bagi prajurit yang berpangkat Bintara dan Tamtama di Satuan Makorem.

Loading…

Ada dua materi latihan yang diberikan dalam UTP ini yaitu soal pengetahuan dan soal keterampilan.

Soal pengetahuan yang diujikan yaitu tingkat kecakapan 1 untuk prajurit yang berpangkat Prajurit Dua, kecakapan 2 untuk Prajurit Satu dan Prajurit Kepala, Kopral Dua pada tingkat Kecakapan 3, untuk prajurit yang berpangkat Kopral Satu dan Kopral Kepala masuk tingkat kecakapan 4, kecakapan 5 bagi prajurit yang berpangkat Sersan Dua dan Sersan Satu serta kecakapan 6 untuk Sersan Kepala dan Sersan Mayor.

Dilihat dari tingkat kecakapan Untuk Prajurit Dua (Prada) yang diuji dalam sikap Teritorial yaitu mengucapkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Kemudian dalam lima kemampuan Binter yang diuji: menyebutkan lima kemampuan Binter Perorangan, melaporkan dengan cepat dan melaksanakan anjangsana.

Kemudian dalam tingkat kecakapan 6 prajurit yang berpangkat Serka dan Serma yang diuji yaitu spesialisasi ketatalaksanaan Binter antara lain telaahan Binter, spesialisasi pembinaan ketahanan wilayah antara lain memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang cinta tanah air dan terakhir spesialisasi Bakti TNI antara lain membuat rencana Karya Bakti.

Sementara untuk soal materi keterampilan, semua pelaku latihan dari prajurit yang berpangkat Prajurit Dua hingga Sersan Mayor dapat menyebut tanda-tanda peta, mengusung korban atau mampu mengikat tawanan degan benar dalam waktu tiga menit dan tidak dapat dilepaskan tawanan , melaksanakan bongkar pasang senjata FN 46 dan senjata M 16 A.1.

Kepala Penerangan Korem Mayor Chb Nawawi mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menguji prajurit Korem sesuai dengan pangkat dan jabatannya untuk mendukung satuan.

Selanjutnya diperolehnya suatu data yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan dan keterampilan umum dan jabatan sesuai tingkat keterampilannya untuk kepentingan pembinaan Yb Personel dan pembinaan latihan. Jelas Kapenrem. (AN)