Hut Ke 16 Basel, Danramil Payung Ikut Ngarak Gasing

oleh -298 views

PAYUNG, Fokuskriminal.com – Kabupaten Bangka Selatan saat ini sudah berusia 16 Tahun. Diseluruh penjuru wilayah Kabupaten dilaksanakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan hari ulang tahun tersebut. Tak  ketinggalan kecamatan Simpang Rimba,  untuk memeriahkan HUT Bangka Selatan,  Selasa(26/02) dilaksanakan kegiatan jalan santai.

Danramil 413-03/Payung Kapten Cpl Sudarmadi bersama dengan anggota mengikuti jalan santai  di Kec. Simpang Rimba dlm rangka memperingati HUT Kab. Basel yg ke 16 tersebut. Jalan santai dimulai dari lapangan SMAN 1 Simpang Rimba dan diakhiri di lapangan Kec. Simpang Rimba.

Jalan santai kali ini dilakasnakan dg mengarak Gasing yg dibuat oleh masing2 Desa. Gasing dimaknai selain menguatkan tangan sebagai sarana olahraga, gasing digunakan utk memupuk persaudaraan dan kerjasama. Pada saat membuka lahan baru masyarakat Simpang Rimba mempunyai kebiasaan memainkan gasing dg keyakinan agar kelak tanamannya subur dan berhasil.

“Dengan kegiatan jalan santai sambil mengarak gasing sebagai ikon Simpang Rimba, diharapkan dapat mempererat persaudaraan dan untuk menjunjung budaya bermain gasing. ungkap perwira berpangkat Kapten tersebut.

Disamping kegiatan jalan santai juga dilaksanakan acara puncak yang bertajuk “YO HAME-HAME BEGAWE WUJUDKAN BANGKA SELATAN MAJU, MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERDAYA SAING.”

Puncak acara dari HUT Bangka Selatan ke 16 Tahun yang diselenggarakan di Kec. Simpang Rimba sendiri dihadiri oleh Bupati Basel, Sekda Basel, Staf ahli Bupati Basel, para Kepala Dinas, para Camat se Basel, Kapolsek, para kepala desa se Kec. Simpang Rimba dan Masyarakat Simpang Rimba.

Dlm memperingati HUT Basel di Kec. Simpang Rimba diangkat budaya daerah Sp. Rimba yait.u Behaben Gasing yang menjadi Icon dari Kecamatan Sp. Rimba. (Na/An)