Kodim 0117/Atam Panen Perdana Ketahanan Pangan Jagung di Bandar Pusaka

oleh -268 views

Aceh Tamiang – Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Inf Deki Rayusyah Putra. S.Sos M.I.Pol melaksanakan kegiatan Panen Perdana Ketahanan Pangan Jagung di Kec. Bandar Pusaka Wilayah Kodim 0117/Atam tahun 2019 bekerja sama dengan gabungan kelompok Tani Tunas Baru bertempat di Dusun Sriwijaya Desa Bengkelang Kec. Bandar Pusaka Kab. Aceh Tamiang, Saptu ( 07/03/2019).

Sambutan Ketua Kelompok Tani Tunas Baru Juhansyah : Kami Kelompok Tani dari Desa Bengkelang berterima kasih atas kedatangan unsur Muspida Aceh Tamiang untuk Panen Perdana Jagung di lahan pertanian kami.

Loading…

Kami mengharapkan dukungan dan perhatian dari ” Pemerintah Daerah untuk pengadaan bibit dan pengadaan pupuk untuk perbaikan hasil panen kami di tahun depan agar petani kami di Desa Bengkelang sejahtera,” Ujarnya.

Kata Sambutan Kepala Dinas Pertanian,Perkebunan dan Perternakan Kab. Atam Safuan.SP : Dinas pertanian akan mengutamakan program tanam jagung dengan sistem tumpang sari dengan kedelai sebanyak 1000 hektar dan 1000 hektar tanaman tumpang sari jagung dengan padi di Kab. Aceh Tamiang dan di prioritaskan di Kec. Bandar Pusaka, Kec. Tamiang Hulu dan Kec. Tenggulun. Pada anggaran tahun 2019 Kadis pertanian akan mengupayakan bantuan 1 unit mesin perontok jagung dan 1 unit perontok padi untuk Ds. Bengkelang.

Kata Sambutan Dandim 0117/ Atam Letkol Inf.Deki Rayusyah Putra. S.Sos M.I.Pol : Kami Kodim 0117/Atam akan selalu berkordinasi dengan Pemda Atam melalui Dinas Pertanian Perkebunan dan Perternakan untuk menyampaikan kepada pemimpin di pusat untuk mensejahterakan petani – petani yang tidak terpantau oleh pemerintah pusat.

Melalui MOU antara TNI AD dan Kementrian Pertanian Kodim 0117/Atam akan “Mengajukan kepemerintah pusat untuk mempeehatikan Kelompok tani agar dibantu kelompok tani untuk pengadaan bibit dan pupuk agar di tahun 2019 hasil panen lebih memadai karena terlalu banyak anggaran pemerintah pusat yang tidak terserap untuk di distribusikan ke kelompok tani,” Ungkapnya.

Kata Sambutan Bupati Atam yang di bacakan oleh Sekdakab.Atam H.Basyaruddin.SH : Pembangunan sektor pertanian, menjadi salah satu prioritas utama dalam pembangunan di Kabupaten Aceh Tamiang. Oleh sebab itu, Pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk menjamin ketersedian pangan dengan jalan meningkatkan produksi hasil-hasil pertanian.

Selama ini penerapan teknologi pertanian telah berhasil menjadi pemicu dalam meningkatkan produksi jagung dan Pada tahun 2018 kabupaten Aceh Tamiang melakukan penanaman jagung seluas 1677 ha. Khusus untuk bandar pusaka telah ditanami jagung seluas 415 ha. Dengan produktivitas rata-rata 5,4 ton/ha dimana hasil yang telah diperoleh dengan nilai produksi sebanyak 9.055 ton selama penanaman tahun 2018.

Hadir diantaranya : Dandim 0117/Atam Letkol Inf.Deki Rayusyah Putra. S.Sos M.I.Pol, Sekdakab Atam H.Basyaruddin.SH, Kepala Dinas Pertanian,Perkebunan dan Perternakan Kab. Atam Safuan.SP, Pasiter Kodim 0117/ Atam Kapten Inf. Abidin, Danramil 05/THU Kapten.Arh.Nana Sukmana, Kapolsek Tamiang Hulu Iptu.Hendra Sukmana, Camat Bandar Pusaka Hans Marta Kusuma.S.STP, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Dim 0117/Atam Luli Ariati Rahyusyah Putra,
Datok Ds. Bengkelang Ardan, Para perangkat Desa Bengkelang, Ketua Kelompok Tani Tunas Baru Juhansyah dan Para Penyuluh Pertanian Kab. Atam.

( JAZ ).