Kabupaten Kampar Lantik 45 Anggota DPRD Untuk Masa Jabatan 2019-2024

BANGKINANG, FokusKriminal.com  –  Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Kampar masa jabatan 2019-2024 akan dilantik, diambil sumpah dan janjinya, hari ini Selasa (27/8) pagi di ruang rapat paripurna, gedung DPRD Kabupaten Kampar di Jalan Lingkar, Bangkinang.

Dari pantauan di gedung DPRD Kampar, Senin (26/8), kesibukan sudah terlihat sejak pagi. Hingga pukul 15.00 WIB telah digelar sedikitnya tiga kali gladi resik prosesi pelantikan.

Hanya saja, banyak diantara anggota DPRD yang bakal dilantik ini tidak hadir terutama incumbent yang masih duduk kembali di periode berikutnya sehingga banyak digantikan posisinya oleh pegawai Sekretariat DPRD Kampar atau menggunakan peran pengganti.

Pada pelaksanaan gladi resik yang digelar pada Senin pagi hingga siang langsung dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang Unggul Tri Esthi Muljono. Tampak hadir pula Ketua DPRD Kampar masa jabatan 2014-2019 Ahmad Fikri dan Wakil Ketua H Sahidin. Selain itu tampak juga yang akan dilantik Wakil Ketua DPRD Kampar masa jabatan 2014-2019 Muhammad Faisal dan Sunardi DS yang kembali mendapatkan kursi.

Sekretaris DPRD Kabupaten Kampar Ramlah ketika dikonfirmasi disela-sela gladi menjelaskan, pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten Kampar masa jabatan 2019-2024 ini akan dihadiri Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto. Namun untuk kehadiran Gubernur Riau ia belum bisa memastikan. “Tapi pidatonya (Gubernur red) sudah sampai ke kita,” terang Ramlah.

Lebih lanjut dikatakan, ada sebanyak 1.000 undangan yang telah disebarkan untuk acara pelantikan ini. Undangan diantaranya untuk anggota DPRD Provinsi Riau, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kampar, para pimpinan organisasi perangkat daerah Pemkab Kampar, alim ulama, ninik mamak, tokoh masyarakat, wartawan dan lainnya. Acara dimulai pukul 10.00 WIB.

Dikatakan, mengingat terbatasnya kapasitas tempat duduk di dalam ruangan rapat paripurna maka tidak seluruh undangan ditempatkan di dalam ruangan. “Yang di dalam hanya untuk 460 orang, sisanya di luar gedung, di depan dan di sayap. Kita sediakan tenda dan kursi serta makan dan minumnya,” beber Ketua Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten dan Kota se-Provinsi Riau ini. Pihak sekretariat juga akan menyediakan televisi ukuran besar di luar ruangan.

Ketika ditanya apa yang berbeda dari pelantikan periode sebelumnya, Ramlah menyebutkan bahwa seluruh anggota DPRD Kampar terpilih diperiode sekarang masuk berbarengan ke dalam gedung. Kemudian saat penyerahan pin, anggota DPRD yang dilantik ini maju satu persatu agar acaranya lebih menarik dan anggota dewan yang dilantik lebih terlihat.

Adapun urutan acara prosesi pelantikan diantaranya dimulai dari pembacaan ayat suci Al Qur’an, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pembukaan rapat paripurna oleh Ketua DPRD Kabupaten Kampar masa jabatan 2014-2019, pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten Kampar masa jabatan 2019-2024 yang didahului oleh pembacaan surat keputusan Gubernur Riau oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Kampar, pengambilan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten Kampar masa jabatan 2019-2024 oleh Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang, penandatanganan berita acara, penyematan pin dan penyerahan sk oleh Ketua PN Bangkinang, pengumuman pimpinan sementara DPRD Kampar oleh Sekretaris DPRD Kampar, serah terima pimpinan dewan kepada pimpinan sementara, penyerahan palu pimpinan dan buku memori tugas dari pimpinan masa jabatan 2014-2019 dan sambutan Gubernur Riau yang dibacakan Bupati Kampar.

Seperti diketahui, 45 anggota DPRD Kabupaten Kampar yang akan dilantik dari masing-masing daerah pemilihan yakni dari Dapil Kampar I yakni dari Partai Gerindra Zumrotun, S.Sos, PDIP :Rofii Siregar, S.Sos, Partai Golkar : Agus Candra, SIP, Partai Nasdem: H Muhammad Kasru Syam, PKS Fahmil,SE dan Drs H Syafrizal Azis, PPP : Said Abdullah, PAN: Diski, Partai Demokrat H Juswari Umar Said SH,MH, PKPI Kardinal, SE,MM.

Dapil Kampar II dari Partai Gerindra : Wilson Siregar, PDIP: Hanafiah, Partai Golkar : Ramlan, Partai Nasdem: Mahmud Zainuri,S.Kom, PKS: Syafrizal,SE, PPP: Jasnita Tarmizi, PAN: Muhammad Rizal Rambe dan dari Partai Demokrat: Sunardi DS.

Dari Dapil Kampar III dari Partai Gerindra : Rahayu Sri Mulyani, Amd, Keb, PDIP : Maju Marpaung,SH, Partai Golkar: Harsono, Partai Nasdem: Bambang Hermanto,SH dan dari PAN: Muhammad Warid.

Dari Dapil Kampar IV yaitu dari 1. Partai Gerindra: Muhammad Faisal,ST, Partai Golkar : Syafi’i, Partai Nasdem : Anasril, Partai Nasdem: Afrinaldi,SH, PKS: Zalka Putra, PPP: H Syafrudin, PAN: Zulfan Azmi,ST,MT, Partai Hanura: H Yuli Akmal, Partai Demokrat: Neflizal, MM dan dari Partai Demokrat: Haswinda, S.Ag.

Selanjutnya dari Dapil Kampar V terdiri dari Partai Gerindra: Jamaan, PDIP: Drs Morlan Simanjutak ,SH, MH, Partai Golkar: Iib Nursaleh,SKom, PKS: Ali Sobirin, SAg, PPP: Muhammad Anshor, S.Ag, MPd dan dari Partai Demokrat: Tony Hidayat.

Sedangkan dari Dapil Kampar VI terdiri dari PKB: Sukardi, SP, Partai Gerindra; Jamris SH,MH, Partai Golkar: Repol,SAg, PPP: Habiburrahman, SAg, MPd, PAN: H Januar,SH dan Partai Demokrat: Haidanan Jupen.(advertorial/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *