Banjir di Riau Meluas, Kini Enam Desa dan Satu Kelurahan di Pelalawan Terdampak, Ini Rincian Datanya

Pelalawan, FokusKriminal –  Rabu, 18 Desember 2019. Kondisi banjir yang melanda Kecamatan Langgam dan Pangkalan Kerinci pada Selasa (17/12/2019) lalu. Kini meluas ke Kecamatan Pangkalan Kuras dan Kecamatan Pelalawan, Rabu (18/12/2019).

Genangan air telah terdeteksi di empat kecamatan lagi yang sebelumnya hanya dua kecamatan saja.
Berdasarkan data milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, ada enam desa dan satu kelurahan yang tergenang air di Kecamatan Langgam, Pangkalan Kerinci, Pangkalan Kuras, dan Pelalawan.
Ratusan rumah terdampak dan sebagian sudah terendam air, termasuk fasilitas umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos).

“Rumah yang terendam mencapai 38 unit. Artinya air sudah masuk ke dalam rumah dan tergenang hingga 20 centimeter,” terang Kepala BPBD Pelalawan, Hadi Penandio, Rabu (18/12/2019). Hadi Penandio merincikan, fasum dan fasos yang terdampak banjir sebanyak 28 unit, rumah warga yang terdampak sebanyak 909 unit, warga yang merasakan dampak banjir mencapai 716 Kepala Keluarga (KK) dengan 3.659 jiwa.

Namun BPBD memastikan belum ada warga yang mengungsi akibat banjir. Masyarakat membangun panggung di dalam rumah untuk menghindari banjir yang sudah masuk ke dalam. Tujuh lokasi yang terdampak banjir diantaranya Kelurahan Langgam dan Dusun Muaro Sako di Kecamatan Langgam ada 108 KK dengan 1.559 jiwa, rumah yang terdampak 609 unit, rumah yang terendam 37 unit.

Fasum dan fasos ada 11 unit seperti mushala, mesjid, sekolah, akses jalan, posyandu, anjungan hingga fasilitas perusahaan.Desa Kuala Terusan ada 120 KK dengan 430 jiwa, rumah terdampak 85 unit, fasum da fasos 9 unit seperti Mushalah hingga poskesdes. ( Deli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *