Personil Polres Tanjungpinang Kembangkan Jamur Tiram Home Cultivation

KEPRI – Aipda Razmudi, sosok Polri di kesatuan Polres Tanjungpinang yang kesehariannya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjung Unggat ini berhasil mengembangkan budidaya jamur tiram rumahan (home cultivation). Dengan memanfaatkan pekarangan rumah seluas 15 meter x 5 meter persegi yang berlokasi di Jl. RH. Fisabilillah Km.8 Tanjungpinang, Aipda Razmudi telah memiliki sedikitnya 45 bag log pertumbuhan jamur tiram mulai dari pembenihan hingga siap panen.

Ide dan keinginan mengembangkan budidaya jamur tiram ini diperoleh Aipda Razmudi bermula saat dirinya rutin melaksanakan sambang dengan warga masyarakat binaannya di Kelurahan Tanjung Unggat. Sekira bulan April tahun 2020 saat Aipda Razmudi mengunjungi salah seorang warga binaannya yaitu Bpk. Arnal, dirinya melihat di rumah Bpk. Arnal banyak terdapat jamur tiram. Aipda Razmudi pun tergerak untuk mempraktekkan sendiri budidaya jamur tiram ini di kediamannya. Berbekal pengetahuan dan bimbingan yang diberikan Bpk. Arnal, akhirnya Aipda Razmudi berhasil mengembangkan jamur tiram secara mandiri.

Aipda Razmudi menuturkan bahwa ketertarikannya akan jamur tiram ini karena melihat perawatan dan pemeliharaannya tergolong mudah dilakukan walaupun kelihatannya sulit karena belum memahaminya. Dirinya pun tergerak mengembangkan jamur tiram ini mengingat situasi saat ini di masa Pandemic Covid-19 menuntut kita untuk berinovasi dan mandiri demi menguatkan ketahanan pangan dan stabilitas ekonomi. Selain itu, kegiatan ini juga memiliki nilai positif dan bermanfaat dalam mengisi waktu luang. Jamur tiram juga sangat baik dikonsumsi dan di segi ekonomi memiliki nilai jual yang baik dan laris di pasaran.

Sampai saat ini Aipda Razmudi sedikitnya telah melakukan 5 kali panen jamur tiram namun sebatas untuk konsumsi keluarga. Ke depan dirinya bertekad untuk lebih mengembangkan budidaya jamur tiram tersebut sehingga dapat bermanfaat tidak hanya untuk keluarga namun juga masyarakat.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si mengapresiasi dan mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh Personilnya, salah satunya seperti yang saat ini dilaksanakan oleh Aipda Razmudi. Mengisi waktu senggang dengan kegiatan bermanfaat di sela-sela rutinitas pekerjaan khususnya dalam meningkatkan ketahanan pangan merupakan suatu bentuk inovasi dan kreativitas yang patut dicontoh dan diaplikasikan serta terus dikembangkan sehingga manfaatnya dapat menyentuh sampai ke masyarakat.(Donny Liany)

Narasumber:
IPTU SUPRIHADI
Kasubbag Humas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *