Donald Trump Sampaikan Ucapan HUT RI ke 75

Tak cuma Presiden China, Xi Jinping yang mengirimkan pesan khusus bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah peringatan HUT RI k-75.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pun mengirimkan pesan serupa.
Trump yang akan maju lagi di Pilpres AS 2020 mengirim pesan demokrasi kepada Jokowi. Pesan dari Trump terdiri dari tiga baris.

“Atas nama Amerika Serikat, dengan penuh suka cita saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia yang merayakan peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 pada 17 Agustus,” tutur Trump dalam surat tersebut.

Trump menyebut AS dan Indonesia merupakan dua negara yang demokratis. Keduanya memiliki komitmen untuk memajukan perdamaian dan kesejahteraan dunia, termasuk di kawasan Indo-Pasifik.

“Melalui kerja sama untuk memajukan kepentingan kita berdasarkan nilai-nilai demokratis yang kita anut bersama tersebut, saya yakin bahwa kita mampu mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang benar-benar bebas dan terbuka,” tulis Trump sebegaimana diteruskan oleh Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Indonesia.

Kesamaan nilai-nilai pada kedua negara merupakan modal dalam menjalin relasi strategis, yang saat ini difokuskan pula pada upaya bersama untuk melawan pandemi Covid-19.

“Kemitraan strategis antara AS dan Indonesia berakar pada nilai-nilai bersama, hubungan antarmasyarakat yang mendalam, serta hubungan perdagangan dan investasi yang dinamis,” tambah Trump dilansir Fokuskriminal.com lewat Antara.

“Di saat-saat yang penuh tantangan ini, upaya bersama kita menanggulangi dampak Covid-19 akan semakin memperdalam kemitraan kita. Saya ucapkan sukses selalu seiring perayaan hari yang istimewa ini,” tutup Trump.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *