Yanuar Gazali : Komunitas Bonsai Kelapa “Paliko” Butuh Sokongan Dari Pemerintah

Payakumbuh, fokuskriminal.com – Disela kesibukannya sebagai Anggota DPRD Kota Payakumbuh, Yanuar Gazali atau yang lebih populer di panggil Udo juga punya hobi sebagai pecinta tanaman Bonsai Kelapa, hal itu terlihat ketika Udo menjadi pembina Komunitas Pencinta Bonsai Kelapa Paliko ( Payakumbuh – Limapuluh Kota red) yang berada di Kecamatan Latina Kota Payakumbuh. Komunitas Bonsai Kelapa yang ini memiliki potensi untuk di kembangkan.

Komunitas yang bergerak dalam budidaya Bonsai Kelapa saat ini butuh perhatian dari pemerintah setempat (Pemko Payakumbuh red). Pasalnya komunitas selain memiliki ciri khas tersendiri dalam budidaya Bonsai Kelapa juga memiliki seni yang mampu menciptakan generasi muda yang berkreatif.

Komunitas Bonsai Kelapa yang berada di Parik Muko Aia Kecamatan Latina Kota Payakumbuh yang di Ketuai Syafrijon mengatakan bahwa saat ini memiliki 36 anggota.

” Komunitas Bonsai Kelapa Paliko saat ini telah memiliki anggota sebanyak 36 orang. Dimana dalam komunitas ini masih bergerak dengan swadaya sendiri. Tentu saja masih banyak kekurangan dalam hal pembudidayaan Kelapa Bonsai, ucap Syafrijon Rabu 4 Oktober 2020.

Syafrijon juga memaparkan bahwa dalam pembudidyaan Kelapa Bonsai saat ini dimulai dari cara penetasan nya.

“Dalam penetasan Bonsai Kelapa yang dimulai dari bibit umur 0 – 3 bulan menggunakan media air. Sebab Tanaman Bonsai Kelapa merupakan tanaman yang membutuhkan serapan air yang cukup. Terlebih tanaman ini banyak kita jumpai di sekitaran Pantai,” terang Syafrijon.

Terkait dengan jenis kelapa yang di Bonsaikan ada beberapa jenis kelapa seperti Kelapa Hibrida dan untuk jenis kelapa yang bisa di jadikan seni rupa biasanya jenis kelapa sayur, imbuh Syafrijon.

Dalam pembibitan Bonsai Kelapa dimana Keunikan dan kesuburan perlu di perhatikan sekali sebab Bonsai Kelapa semakin berumur Tua semakin Tinggi nilai seninya.

Sementara Pembina Komunitas Bonsai Kelapa Paliko Yanuar Ghazali dengan adanya komunitas ini perlu sokongan pemerintah setempat dalam hal ini Pemko Payakumbuh. Dimana saat ini Komunitas Bonsai Kelapa Paliko butuh sokongan pemerintah setempat, Guna untuk mendorong generasi muda dalam berkreatif dan Pemuda terarah dalam kegiatan positif

” Komunitas Bonsai Kelapa Paliko saat ini butuh sokongan pemerintah setempat. Supaya komunitas ini berjalan dengan maksimal. Begitu juga komunitas ini butuh Bapak angkat agar dalam pembudidyaan Bonsai Kelapa berkelanjutan, terang Yanuar Ghazali yang juga di hadiri Wirman Putra yang juga merupakan Anggota DPRD Kota Payakumbuh

Pembina Komunitas Bonsai Kelapa Paliko juga mengucapkan terimakasih kepada Wawako Erwin Yunaz yang mana Pernah Singgah di komunitas ini.

” Kami segenap Pengurus serta anggota mengucapkan terimakasih Kepada Bapak Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz yang pernah datang di komunitas Bonsai Kelapa ini,’ ucap Yanuar Ghazali yang akrab disapa Udo ini dan di amini segenap pengurus dan anggota komunitas (tt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *