Jokowi Pilih 6 Menteri Baru untuk Kabinet Indonesia Maju.

Jakarta, Fokrim — Presiden Joko Widodo melakukan kocok ulang atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Sejumlah menteri lama dicopot dan digeser posisinya, dan ada pula orang baru yang diangkat untuk membantu kerja-kerja pemerintahan hingga 2024 mendatang.

Mereka semua diperkenalkan di Istana Negara, Jakarta pada hari ini, Selasa (22/12). Berikut daftar menteri Kabinet Indonesia Jilid 2 hasil kocok ulang atau reshuffle.

  1.  Tri Risma Harini sebagai Menteri    Sosial,
  2. Sakti Wahyu Trenggono sebagai      Menteri Kelautan dan Perikanan
  3. Yaq Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama,
  4. Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta
  5. M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan
  6. Budi Gunadi Sadikin sebagai menteri kesehatan.

Keenam menteri ini mengenakan kemeja putih yang dibalut jaket berwarna biru serta mengenakan masker.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin jaket biru yang dikenakan para menteri baru memiliki makna.

“Jaket (biru) itu bahannya enak, lalu kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah. Artinya setiap orang yang menggunakan tidak masalah dalam cuaca apapun. Jadi maksudnya menteri kerja kapan saja dalam suasana kapan saja siap bekerja,” ujar Bey.

Selain itu, warna biru lebih enak dipandang mata.”Warnanya sih keren saja, eye catching, kapan harus tetap segar cerah, ceria, semangat,” katanya

Jauh hari, Jokowi pernah menyampaikan bahwa dirinya tak sungkan untuk melakukan reshuffle. Terutama terhadap menteri atau petinggi lembaga negara yang bekerja biasa-biasa saja di tengah pandemi virus corona (SARS-CoV-2).

Menurut Jokowi kala itu, kondisi pandemi mengharuskan para menteri untuk bekerja luar biasa. Tidak boleh bekerja seperti biasa ketika tidak ada wabah.

Reshuffle kabinet juga tak lepas dari dua menteri yang terlibat kasus dugaan korupsi. Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo serta Menteri Sosial nonaktif Juliari Batubara. Keduanya kini mendekam di tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

 

Editor Rizal

Dari beberapa sumber media.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *