Yon Alnis : Mencari Sosok Ketua KAN Koto Nan Gadang Yang Tepat

Payakumbuh, Fokrim – Tak lama lagi Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Nan Gadang akan menggelar pemilihan Ketua baru. Sejumlah Niniak Mamak akan menentukan siapa yang bakal memimpin Balai Gadang kedepan nya.

Menurut Tuangku Malin Bagogo Nan Runciang bahwa masa kepengurusan Ketua KAN Koto Nan Gadang akan  berakhir pada Bulan April mendatang. Untuk itu telah ada persiapan dari berbagai kaum pasukuan yang ada di Kerapatan Adat Nagari tersebut.

” Sejumlah pasukuan telah berkumpul untuk membahas kepengurusan baru. Sebab didalam KAN Koto Nan Gadang memiliki 4 Pasukuan Besar. Tentu dari suara tersebut, nantinya yang akan menentukan siapa yang tepat untuk memimpin Balai Gadang berikutnya,” ujar Tuangku Malin Bagogo Nan Runciang, Senin 22 Februari di  Koto Nan Gadang.

Yon Alnis atau Tuangku Malin Bagogo Nan Runciang menambahkan dari 4 pasukuan besar tersebut Ialah Suku 9 4/4 terdiri dari
Koto, Guci, Tanjuang, Payobadar, Piliang, Picancang
Dalimo, Simabur dan Sipisang. Suku 5 Nan 7 terdiri dari Kampai, Melayu, Mandailing dan Bendang. Suku Ampek Niniak terdiri dari Pitopang, Katia anyia.
Suku Bodi dan Caniago terdiri dari Bodi, terang Tuangku Malin Bagogo Nan Runciang.

Terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Ketua KAN, Yon Alnis juga mengatakan bahwa
45 orang Panitia dalam waktu dekat akan terbentuk. Begitu juga ia memaparkan bahwa untuk Calon Ketua KAN Koto Nan Gadang harus memiliki beberapa syarat, seperti  
Tau jo adaik sebab Koto Nan Gadang sebag  barometer jadi tidak bisa sembarangan saja untuk  Menjadi Ketua KAN. Selain itu Calon Ketua KAN  mengayomi anak kemenakan.
Selain itu mengutamakan kepentingan nagari dari pada kepentingan pribadi. Serta
memiliki wawasan luas itu dibuktikan dengan karir dan jam terbang, imbuh Tuangku Malin Bagogo Nan Runciang.

Ketika di tanya apakah Pasukuan Ampek Niniak bakal ada kandidat untuk menjadi Ketua KAN Koto Nan Gadang. Tuangku sambil tersenyum mengatakan Insya Allah, tentu ada.

” Sebagai anak kemenakan
Pasukuan Ampek Niniak, tentu kami juga memiliki kandidat tepat untuk menjadi Ketua KAN. Namun belum saatnya kami mengungkapkan nya sekarang. Begitu pula persukuan lain nya pasti pasti juga ada,” sebut Tuangku.

Ia juga menambahkan  Kalau melihat kepengurusan KAN yang lama maka kepengurusan untuk berikutnya giliran Ampek  Niniak. Sesuai pepatah Tuah Bagele, Gadang Balega. Artinya kepengurusan ada giliran nya. Maka tepat untuk Pemilihan Ketua KAN, Saat ini giliran Ampek Niniak,” tukas Tuangku.

Selanjutnya Tuangku mengatakan bahwa dalam Pemilihan Ketua KAN Koto  Nan Gadang tidak boleh ada  intervensi, sebab ini ranah nya nagari. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *