UNRI Teliti Lebah Madu Galo-galo Trigona Sawahlunto

oleh -

Tiga mahasiswa UNRI jurusan Biologi melakukan penelitian tentang karakter lebah madu Trigona di Taman Buah Kandi, Sawahlunto. Hasil penelitian mereka akan dianalisis di laboratoriun biologi UNRI. Foto : IYD

Sawahlunto, fokrim – Tiga Mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Riau (UNRI) yakni Rizki Hidayat, Natasha Aqla, dan Muhammad Septiano, tertarik melakukan penelitian intensif pengamatan lebah galo-galo/kelulut atau trigona,stingless bee yang dibudidayakan Hery Setiawan di Taman Buah, Kandi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Ketertarikan mereka diilhami dari saran dan masukan dosen pembimbing mereka dari kampus universitas negeri lancang kuning tersebut. Mereka ditugasi untuk melakukan penelitian intensif mengenai karakter lebah galo-galo selama sepekan, setelah memperoleh data sementara dilapangan mahasiswa ini akan menganalisanya di kampus sekembalinya dari Sawahlunto nanti.

Rizki Hidayat kepada harianindonesia.id Minggu (21/3/21) petang mengatakan, penelitian yang dilakukannya berkaitan dengan sebaran vegitasi lebah galo-galo mulai dari kotak koloninya hingga ke tempat lebah mencari makan. Daria hasil pengamatannya, sebaran vegitasi sementara berjumlah sekitar 100 meter untuk galo-galo jenis tama dan torasika. Dikemukakannya, untuk mengetahui jarak vegitasi dilakukan berdasarkan jumlah tanaman berbunga atau tidak.