Beri Rasa Aman Ibadah Natal, Polres Tulungagung Sterilisasi dan Amankan Sejumlah Gereja

Tulungagung, fokuskriminal.com – Dalam rangka memberi rasa aman kepada umat Kristiani dalam melaksanakan perayaraan Natal, Polres Tulungagung melakukan sterilisasi di sejumlah gereja di wilayah Kab. Tulungagung.

Dalam sterilisasi tersebut, petugas menggunakan alat metal detector untuk memeriksa setiap sudut gereja, Sabtu (25/12/21) pagi.

Kegiatan sterilisasi dilakukan sebelum pelaksanaan ibadah dimulai, upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas serta memberikan jaminan keamanan gereja.

Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, Sh, SIK, MH melalui Kasi Humas Iptu Nenny Sasongko, SH mengatakan sebelum ibadah perayaan Natal, Polres Tulungagung melakukan sterilisasi gereja yang ada di wilayah Kab. Tulungagung.

“Penyisiran tersebut dalam rangka sterilisasi gereja yang akan digunakan sebagai tempat ibadah pada perayaan Natal dan menyambut tahun baru”, ujar Iptu Nenny.

Sterilisasi gereja dilakukan oleh personel Satuan Samapta dipimpin Ipda Santoso dan Anggota SatIntelkam dipimpin Iptu Dadang dengan menggunakan alat metal detector.

“Sejauh ini, dari hasil sterilisasi gereja, polisi tidak menemukan hal-hal yang mencurigakan. Alat pelacak bom tidak mendeteksi adanya benda-benda berbahaya didalam gereja. Situasinya aman dan kondusif”, jelas Iptu Nenny.

Iptu Nenny menjelaskan, sterilisasi gereja dilakukan untuk mengantisipasi aksi terorisme yang dapat mengganggu kenyamanan umat Nasrani yang sedang melaksanakan ibadah malam Natal.

“Tidak hanya sterilisasi, Polres Tulungagung bersama stakeholder juga melakukan pengamanan jalannya ibadah Perayaan Natal”, ujar Iptu Nenny.

Selain itu, pihaknya mengimbau kepada para jamaat untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Kami juga menghimbau masyarakat yang akan merayakan Natal dan tahun baru agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan covid 19 (5M),” pungkas Iptu Nenny. (red.af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *