Muhammad Oggi Pulungan | Ajak Pecandu Narkoba Pulih Dengan Narkotika Anonymous (NA)

oleh -

BEKASI – Para pecandu narkoba bisa pulih setelah mengikuti program rehabilitas dengan program Narcotics Anonymous (NA), yaitu sebuah kelompok pemulihan dengan fokus untuk bersih dari Narkoba, Hal itu di sampaikan Muhammad Oggi VR Pulungan, Peserta On Job Training (OJT) di Yayasan “Rumah Hijrah Khadijah”, Komplek Rasidence Bluebell, Bekasi, Jawa Barat.

” Setelah menjalani rehabilitasi, kebanyakan para pecandu bisa merubah perilaku kehidupannya dan kembali lagi bermasyarakat dengan baik, ” sebut Oggi kepada fokuskriminal.com, Rabu (4/3/2020).

Dalam wawancara ekslusif, Ia mengatakan bahwa Narkotika Anonymous adalah program pemulihan dengan konsep komunitas dengan tujuan agar para pecandu narkoba bisa pulih dari masalah adiksi.

” Fokus utama Narkotika Anonymous adalah memperbaiki pola pikir, spiritual agar lebih terstruktur dan mempunyai pola kehidupan layaknya orang normal tanpa ada paksaan lebih diarahkan ke kesadaran diri sendiri, tambahnya.

Menurutnya, Komunitas Narkotika Anonymous (NA) sangat membantu seseorang pecandu dalam menjaga pemulihan, karena pecandu akan dirangkul dan di arah dengan baik dalam memperbaiki pola fikir dan tingkah laku.

” Program itu berkonsep kekeluargaan, dengan berbagi harapan, berbagi pengalaman, dan berbagi kekuatan. Dengan dorongan semangat diyakini bahwa korban penyalahgunaan Narkoba untuk pulih semakin kuat. disana mereka akan merasa sangat di hargain pendapatnya, keluhannya dan aspirasinya, komunitas NA akan selalu mendengar dan memberi solusi yang tepat terhadap masalah apa yang dia alami setiap pecandu, ungkapnya.

Tujuan utama dari NA adalah mempertahankan hidup tanpa narkoba dan saling menolong satu sama lain antara sesama korban penyalahgunaan Narkoba.

Komunitas itu tidak membedakan penyalah guna dengan menggunakan jenis Narkoba tertentu dan berapa banyak yang dia pakai, tetapi lebih menitikberatkan pada masalah yang dihadapi dan bagaimana caranya terlepas dari penyalahgunaan Narkoba.

Selain itu, Ia juga berharap para pecandu diluar sana yang masih aktif, datanglah ke pertemuan Narkotika Anonymous yang bisa membantu agar berhenti dari narkoba, tanpa ada kekerasaan, stigma ataupun paksaan.

” Tanpa menggunakan narkoba kita masih bisa hidup seperti orang normal yang produktif yang mempunyai kehidupan terstruktur dan mempunyai pola pikir yang baik, penjara bukan solusi, pesannya. (Red/**)