Ratusan Warga Desa Airbelo Menjerit BLT Macet Dua Bulan

oleh -

PANGKALPINANG – Pemerintah pusat mencanangkan berbagai program bantuan sosial dalam menghadapi dampak wabah covid-19 yang eksesnya dirasakan berbagai segmen masyarakat. Diketahui terdapat sejumlah program yang dibuat pemerintah untuk menyalurkan bansos, Rabu 08/07/2020.

Ada program reguler seperti program keluarga harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), ada pula yang sifatnya tambahan seperti bansos tunai dan BLT dana desa.

Kendala di berbagai daerah pun beragam, mulai dari data hingga penyaluran via rekening yang rentan bermasalah karena belum semua daerah terpencil miliki fasilitas finansial memadai.

Sementara itu, sebelum berita ini di turunkan baru saja mendapat informasi perihal macetnya bantuan sosial berupa BLT di desa Airbelo Muntok Bangka Barat.

Menurut keterangan sumber -yang mewanti-wanti agar namanya dirahasiakan- Ia menuturkan sepanjang yang Ia ketahui, seharusnya BLT tersebut sudah dibagi dan di kelurahan yang ada di wilayah Bangka Barat semua sudah dibagi kecuali desa Air belo.

“Yang di Muntok sudah masuk tahap 3 sedangkan air belo tahap 2 aja belum,” kata nya pada wawancara Selasa malam 07/07.
Terus
Kata sumber, untuk BLT tahap pertama pihaknya menerima di kantor desa, sementara info yang diketahui dia untuk tahap kedua itu disebutkan langsung masuk rekening bank.

“BST kedua dan ketiga itu akan masuk rekening yang bilang pak kades makanya kami disuruh tanda tangan, aturan kan sudah dibagi dan di kelurahan yang dibangka barat semua udah dibagi kecuali air belo,” ungkap sumber.

Tak hanya itu, media mencoba untuk mengklarifkasi temuan berupa informasi dari sumber, dan kali ini menghubungi Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemkab Bangka Barat, yang kali ini diwakili oleh Kabid Saiful Fahmi.
Di jelaskan oleh
Saiful bahwa pihaknya justru baru mendengar informasi soal ini dari media ini dan akan coba dijembatani pada yang bersangkutan, Kades Airbelo, Benny.

“Jadi kalau BLT memang penetapan penerimanya ditetapkan oleh Musyawarah Desa jadi kalau ada masalah memang harus ditanyakan ke pihak desa, coba nanti kami berusaha jembataninya” kata dia singkat.

sampai berita ini diturunkan, pihak Kades Airbelo Benny masih belum bisa dikonfirmasi soal keluhan warganya menyoal keterlambatan penyaluran dana BLT di desa tersebut, dan akan terus diupayakan konfirmasinya agar terhubung.