Para Petani, Curhat ke Maskar Datuak Pobo

oleh -

LIMAPULUH KOTA,- Belasan petani yang sedang panen didalam salah disalah satu jorong di Nagari Taram, Kecamatan Harau, terharu atas kedatangan salah seorang calon Wakil Bupati Limapuluh Kota, Maskar Datuak Pobo. Petani yang tengah memakai baju lusuh itu, tak menyangka akan didatangi oleh calon orang nomor 2 di Kabupaten Limapuluh Kota.

Saat kedatangan calon Wakil Bupati yang berpasangan dengan Darman Sahladi itu, dimanfaatkan oleh petani untuk mengadu, curhat soal kondisi pertanian saat ini. “Kami berharap agar pemerintahan kedepan memperhatian nasib petani,”ucap Ujang salah seorang petani setempat.

Sulitnya mendapatkan pupuk adalah permasalahan yang sering dialami oleh petani setempat. Kemudian, petani juga meminta pemerintahan dibawah pimpinan Darman Sahladi-Maskar Datuak Pobo membuat kebijakan tentang ganti rugi bagi petani.

“Taram merupakan daerah langganan banjir. Banjir sering terjadi disaat waktu yang tak tepat. Seperti banjir ketika kami akan panen. Akibatnya kami gagal panen. Karena itu, kami meminta agar kedepan ada jaminan berupa tunjangan dari pemerintah akibat gagal panen ini,”kata petani lagi.