UNESCO Apresiasi Kota Sawahlunto, Rezka Oktoberia Minta Pemerintah Pusat Tindak Lanjuti

oleh -

Fokrim, Sawahlunto – Lembaga UNESCO, yang merupakan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkan Kota Sawahlunto sebagai warisan budaya dunia (UNESCO World Heritage). Hal itulah yang membuat Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat asal Sumatera Barat Rezka Oktoberia tergerak untuk memberikan dukungan percepatan proses tindak lanjut dari apresiasi tersebut.

“Penghargaan UNESCO untuk Sawahlunto, satu kota di ranah minang yang menerima. Ini mesti ditindak lanjuti oleh pemerintahan pusat segera. Ada batas waktunya, dan itu yang kita fokuskan. Karena ini menyangkut ranah minang, saya aware dan peduli, saya tidak mau UNESCO mencabut apresiasi ini dan mencoret nama salah satu kota di ranah minang dari list penghargaan itu, kesempatan emas ini harus kita ambil, there is no second chance,” kata Rezka kepada media, Minggu (24/1).

Komitmen itu dibuktikan oleh Rezka Oktoberia dengan menggandeng Runner Up 5 Puteri Indonesia 2020, dr. Yoan Clara Teken dan Rebana Foundation ke kota tua Sawahlunto, Minggu (24/1). Salah satu tindakan untuk kembali menjadikan Sumater Barat menjadi tujuan pariwisata dari dalam dan luar negeri, terkhusus sawahlunto yang sudah mendapat apresiasi dunia.