Dalam KKN di Nagari Situjuah Batua, Dosen dan Mahasiswa Kunjungi Kantor Wali Nagari

oleh -

Limapuluh Kota, Fokrim – Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir, sehingga Penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) disetiap Universitas/Fakulitas setiap daerah mungkin agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, hal tersebut juga dirasakan Universitas Negeri Padang kali ini.

Seperti yang diungkapkan Dosen Universitas Negeri Padang, Dr.Syahrastasni, M.Kes kepada Media saat mengunjungi Kantor Wali Nagari Situjuah Batua, didampingi beberapa Mahasiswa/i yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Nagari yang dijuluki Nagari Pejuang tersebut, Selasa (02/02)

Dr.Syahrastasni, M.Kes menyebutkan, Kunjungan kita adalah untuk mensinkronkan Antara Program Kampus dengan Wali Nagari setempat, dimana tempat Siswa yang sedang melaksanakan KKN, kebetulan untuk disini saya sendiri yang mendampingi mereka.

“Kegiatan ini berjalan selama 1 bulan dari tanggal 13 Januari sampai 13 Februari 2021, kegiatan kuliah nyata berbaur dengan masyarakat dan target nantinya akan menjadi contoh bagi masyarakat,” ujar Syahrastasni.

Syahrastani, M.Kes juga mengatakan, sebagai Dosen Pendamping Lapangan (DPL) yang mendampingi mahasiswa yang lagi KKN.

“Kita menerapkan kepada para Mahasiswa yang KKN difokuskan pada Adaptasi Kebiasan Baru dalam rangka pencegahan Covid-19, hal ini juga akan menjadi contoh bagi masyarakat nantinya,” tambah Syahrastani

Disamping itu selain Penerapatan Kebiasan Baru tersebut, “mahasiswa kita bimbing juga dalam meningkatkan kegiatan Masjid dan juga berbaur dengan Karang Taruna, termasuk membantu untuk membuat kelompok pembelajaran serta membuat titik tertentu dibukanya kelompok belajar” lanjutnya lagi.

Dalam situasi Pandemi saat ini, Proses pendampingan yang dilakukan tentu disesuaikan dalam pelaksanaan KKN, kita mensinkronkan kegiatan ini bersama Wali Nagari mulai dari menganalisi Program, menyusun Program hingga Konsultasi.

“Selama pelaksaanaan KKN tentu juga membutuhkan jaringan Internet dan WiFi yang memadai, Alhamdulillah Wali Nagari Situjuah Batua bisa menfasilitasi itu semua” tuturnya.

Sementara Wali Nagari Situjuah Batua, Don Veski Dt.Tan Marajo mengucapkan terima kasih kepada Dosen dan Mahasiswa UNP yang telah memilih Nagari Situjuah Batua untuk pelaksanaan Program KKN bagi mahasiswa, Program KKN yang dilaksanakan tersebut berjalan sesuai dan sinkron dengan Pemerintahan Nagari Situjuah Batua karena bisa memberdayakan warga dilingkungan sekitar.

“Kita sangat berterimaksih kepada Dosen Pendamping dan Mahasiswa yang KKN di Nagari ini, kegiatan yang dilaksanakan tersebut adalah untuk berbaur dengan masyarakat salah satunya adalah mendirikan kelompok belajar bagi masyarakat anak di usia sekolah,” ujar Don Veski Dt.Tan Marajo.

“Mereka juga menghidupkan kembali Tempat Pelajaran Qur’an (TPQ) yang ada di setiap jorong di Nagari Situjuah Batur, mereka juga ikut bergotong royong dan membantu masyarakat dalam bentuk mengadakan kegiatan kepemudaan serta berbaur dengan masyarakat” lanjut Wali Nagari.

“Kita berharap melalui kegiatan KKN Mahasiswa UNP ini, mereka dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat ditengah Pandemi Covid-19, mengambil peran dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan mendampingi masyarakat yang terdampak pandemi,” harap Wali Nagari Situjuah Batua.

(Fajri HR)