Perobahan Sumbar Jadi Daerah Istimewa Minangkabau, Didukung Oleh Anggota DPD RI.

oleh -

JAKARTA, Fokuskriminal.com -Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin mendukung perubahan Provinsi Sumatera Barat menjadi Daerah Istimewa Minangkabau.

Senator muda asal Bengkulu yang memiliki darah Minang tersebut menyambut dengan suka cita wacana

perubahan Sumatera Barat menjadi Daerah Istimewa Minangkabau.

“Saya kira Sumbar layak menjadi Daerah Istimewa. Dalam perjalanan bangsa Indonesia, baik pada masa pra kemerdekaan maupun pasca Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Sumbar memiliki peran strategis dalam perjalanan kehidupan di ruang kebangsaan serta kenegaraan kita. Bahkan, Bukittinggi pernah menjadi ibu kota Pemerintahan Darurat Republik Indonesia,” sebut Sultan dalam keterangan tertulisnya diterima media, Sabtu

Mantan wakil gubernur ini juga menyampaikan bahwa perubahan status menjadi daerah istimewa juga dapat menjadi bentuk penghargaan kepada masyarakat Minang terhadap peran besarnya dalam sejarah Republik Indonesia.

“Ada 15 tokoh Minang yang diangkat menjadi pahlawan nasional. Dan mereka memiliki peran besar terhadap perjalanan sejarah kita. Ada Tan Malaka, Sutan Sjahrir, H. Abdul Muis, H. Agus Salim, Tuanku Imam Bonjol, M. Yamin, Rasuna Said, dan lainnya . Semua berasal dari daerah Sumatera Barat. Bahkan Wakil Presiden pertama kita M. Hatta berasal dari sana”, ujar pria yang akrab dipanggil SBN tersebut.