Dengan JKN-KIS, Kini Klaim Kaca Mata Jadi Lebih Mudah

oleh -

Kediri, fokuskriminal.com – Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bisa mendapatkan manfaat layanan kesehatan berupa klaim kaca mata. Banyak yang melakukan klaim kaca mata mengingat gangguan penglihatan membutuhkan alat bantu.

Hal ini seperti yang dialami oleh Mohammad Afwan,19, warga Desa Bogo, Semen, Kabupaten Kediri. Ia mengalami gangguan mata dikarenakan banyak beraktivitas di depan layar komputer. “Saya mencoba periksa di faskes tingkat pertama di Klinik Salsabila Mojoroto, dan akhirnya diberi rujukan untuk periksa di poli mata,” ucapnya mengutip dari Radar Kedri (27/10/2021).

Kemudian, rujukan tersebut diarahkan ke poli mata RS Bhayangkara Kediri. Di poli mata, dengan mengikuti prosedur rawat jalan tingkat lanjutan atau RJTL yang berlaku bagi peserta JKN-KIS. Selanjutnya, dokter memberikan resep pembelian kaca mata. “Untuk pembelian kaca mata, saya membawa legalisir resep kaca mata dari dokter dan mengambil di optik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” ceritanya.

Afwan mengaku, syarat untuk melakukan transaksi juga sangat mudah. Hanya membawa KTP dan kartu BPJS Kesehatan dan memilih kaca mata sesuai dengan harga kaca mata dengan plafon klaim. “Saya mengambil kaca mata sesuai dengan plafon klaim sehingga saya tidak pelu nambah biaya lagi,” tegas Afwan.

Untuk diketahui, layanan yang diberikan BPJS Kesehatan ini berupa subsidi dana. Besaran subsidi dana yang ada tergantung dari kepesertaan yang diambil.

Dalam BPJS Kesehatan disebutkan subsidi dana kelas 3 sebesar 150.000, kelas 2 sebesar Rp200.000, dan kelas 1 sebesar Rp300.000.

Kemudian perhatikan ukuran lensa, BPJS Kesehatan hanya akan memberikan subsidi dana untuk ukuran lensa spheris dengan minimal ukuran 0,5 dioptri dan lensa silinder minimal ukuran 0,25 dioptri. Yang terpenting, waktu klaim BPJS Kesehatan, bahwa pembelian kacamata peserta JKN-KIS hanya bisa dilakukan dua tahun sekali sesuai indikasi medis. (ang)

No More Posts Available.

No more pages to load.