Seorang Oknum Wartawan Paksa EO ,Tuk Berikan Iklan Pariwara Pada Acara Arung Jeram di Aie Boba

oleh -

Kota Payakumbuh, fokuskriminal.com.- Seorang Oknum Wartawan berinisial F yang mengaku Lulus test UKW ,sudah memiliki sertifikasi dari Dewan Pers dan juga seorang wartawan di Tribun (Tribunsumbar.com ?.red) memaksa untuk meminta iklan atau pariwara pada acara festival arung jeram Halaban 2021.
Dilansir chat chat WA antara F (oknum wartawan) dan salah seorang anggota EO (Event Organizer) Madani J yang merupakan “Rekanan” yang ditunjuk oleh Dinas Pariwisata Sumbar selaku pelaksana kegiatan festival arung jeram 2021 pada tanggal 30 – 31 Oktober 2021.

Dalam chat chatnya dengan EO terkesan F “memaksakan kehendak” untuk di fasilitasi dengan membawa embel embel bahwa dia lulus UKW, tapi kok memaksa mintak pariwara ,. Apakah ini Seorang wartawan yang sudah memiliki sertifikasi UKW (Ujian Kompetensi Wartawan) dari Dewan Pers dengan Label Lulusan Kompeten diajarkan untuk meminta minta Pariwara kepada EO (Nara sumber)? Aneh menurut saya karena di dalam UKW biasanya diajarkan Bagaimana meminta Konfirmasi dengan kaidah 5W1H berdasarkan Kode Etik Jurnalistik, bukan Mintak Pariwara” kata Riki Hidayat yang Juga sudah memiliki sertifikasi UKW , dan juga Ketua FPII (Forum Pers Independen Indonesia) Wilayah Sumatera Barat.
Ketika media ini mengkonfirmasi kepada F pada hari Minggu 31 Oktober 2021 di No Hp 08137811xxxx sekira Jam 18.10 via WA membenarkan Chat chat tersebut “Iya saya me WA orang EO untuk menawarkan Pariwara tapi jawabnya tidak ada Pariwara atau iklan untuk Media Online, padahal kawan saya di Koran Posmetro dapat Iklan setengah Halaman” ungkap F kepada Media ini.
Acara yang sejatinya hanya bertema festival untuk mengangkat spot Pariwisata “Aia Boba”. Festival yang dihelat pada tanggal 30 dan 31 Oktober 2021 berjalan sukses dengan himbauan tanpa penonton dan mematuhi Prokes yang ketat.
“Kalaupun ada yang hadir itu hanya sebatas Panitia, Peserta Festival (12 Klub Arung Jeram) dan beberapa orang awak media dan Anggota Pokdarwis dari 3 Nagari (Halaban, Tanjuang Gadang dan Ampalu)” ungkap Mahyunis salah seorang Anggota Pokdarwis Aia Boba Nagari Halaban.
Festival tersebut merupakan Aspirasi yang diserap dari Reses Anggota DPRD Provinsi Sumbar H.Nurkhalis Dt.bijo dirajo.

Menurut H Nurkhalis Dt bojo Dirajo “saya hanya menyalurkan aspirasi masyarakat dari 3 Nagari yang dititip ke Dinas Pariwisata Sumbar dan bukan ke dinas pemuda dan olahraga. Ini bukan Perlombaan atau kejuaraan yang harus melibatkan induk organisasinya. Kalau olah raga prestasi maka saya harus menitip Pokir di dinas pemuda dan olah raga yang nantinya akan diinformasikan ke KONI dan FAJI (Induk Organisasi Arung Jeram). Tetapi Festival ini diadakan latar belakangnya adalah untuk mengangkat Potensi Wisata di tiga Nagari yang di meriahkan dengan Olahraga Arung jeram” pungkas. H.Nurkhalis Dt.bijo dirajo.

Team

No More Posts Available.

No more pages to load.