CFD Jakarta Menlu Ikut Serta Dan Banyak Para Perempuan Berkebaya

Jakarta, fokuskriminal.com – Ada yang berbeda dengan pelaksanaan Car Free Day (CFD) Sudirman-Thamrin, Jakarta, pagi ini. Biasanya, warga mengenakan baju olahraga tapi kali ini para perempuan memakai kebaya saat berolahraga.

Pantauan awak media di halaman Kemendikbud, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, para perempuan berkebaya berkumpul di lokasi tersebut. Nantinya, mereka akan berjalan santai dengan rute tujuan akhir di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Acara bertajuk ‘Perempuan Berkebaya Indonesia’ diselenggarakan dalam rangka pelestarian kebaya sebagai warisan leluhur. Mereka terlihat bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini.

Turut hadir Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. Retno menyebut ada 3 ribu peserta yang mendaftarkan diri untuk ikut kegiatan tersebut.

“Pertama, tentunya jalan paginya. Jalan paginya kita bareng-bareng tentunya dengan menjaga protokol kesehatan kita jalan pagi bersama,” ujar Retno di Kantor Kemendikbud, Minggu (19/6/2022).

Menurut Retno, kegiatan ini sangat istimewa karena ia bersama perempuan lainnya kompak berjalan bersama. Selain itu, Retno menyebut berkebaya tidak lagi harus digunakan dalam even formal.

“Jadi saya ingin kita semua perempuan Indonesia bangga berkebaya dan kebaya tidak harus digunakan pada event formal tetapi dengan perkembangan zaman kebaya dapat dipakai dalam semua even,” ucap Retno.

“Jadi ini even khusus karena kita ingin populerkan kebaya. Kedua, sekarang kebaya dalam proses untuk diajukan kepada UNESCO. Jadi kita ikut ambil even pagi olahraga berkebaya,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Perempuan Pertiwi Indonesia, Rahmi berterima kasih kepada seluruh perempuan yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Terima kasih sudah ada acara CFD Berkebaya. Karena kami sama-sama ingin melestarikan kebaya sebagai warisan tak benda budaya Indonesia. Kita juga sedang berproses untuk hari penetapan kebaya nasional. Oleh karena itu butuh dukungan semua, saya sangat bahagia karena pagi ini anak-anak kita banyak yang ikut berkebaya,” imbuhnya. (red.Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.