Terpilih secara Aklamasi sebagai Ketua LAMR Rohul Versi Syahril Mantan Bupati Rohul Suparman.

 

Rokan Hulu. fokuskriminal.com.-  Selain digelar di Gedung LAMR Rohul, Musda ke-V Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) verai Marjohan, Kabupaten Rokan Hulu juga digelar di Hotel Sapadia Pasir Pengaraian merupakan versi Syahril, Rabu (21/9/2022) siang.

Musda ke-V LAMR Rohul yang ditaja di Hotel Sapadia merupakan Musda yang digelar Pengurus Sementara H. Suparman yang berinduk kepada LAM Riau versi Syahril Abubakar

Dalam musda LAMR Rohul di Hotel Sapadia. tersebut, mantan Bupati Rokan Hulu H. Suparman SSos MSi terpilih secara aklamasi sebagai ketua LAMR Rohul periode 2022-2027.

Dalam Musda LAMR Rohul ke-V di Hotel Sapadia, dihadiri oleh Pengurus LAM Riau Versi Syahril Abu Bakar seperti Dewan Pimpinan Agung (DPA) LAM Riau Datuk Sri Yusman Hakim, Timbalan DPA LAMR Datuk Sri Nasir, juga hadir Sekretaris LAMR Datuk M. Azaki, Bendahara LAMR Datuk Armansyah dan Panglimo Punggawa Hariyanto.

Selain itu musda ini dihadiri langsung oleh Raja Rambah T H Mansyur Manzi dan Ketua dan Perwakilan (Pemegang Mandat) LKA dam Luhak sebagai Pemilik suara sah dalam Musda sesuai AD/ART LAMR Rohul.

Meski demikian, tidak terlihat. perwakilan pemerintah Kabupaten Rokan Hulu yang hadir dalam musda tersebut.

Dimana Suparman mendapat 18 dukungan dari pemilik suara, terdiri dari 12 dukungan tertulis dan 2 dukungan fisik, 2 dukungan dari pengurus provinsi dan kabupaten dan 2 dukungan dari Raja Rambah T Mansur Mansi, Raja Kepenuhan T Azuwir dari total 23 pemilik suara yang hadir pada musda.

Ketua LAMR Rohul terpilih H Suparman menyampaikan penghormatan kepada Luhak dan LKA yang mayoritas mendukung dirinya sebagai Ketua LAMR Rohul, usai pelaksanaan Musda Ke-V LAMR Rohul di Hotel Sapadia.

“Tugas kita tidak ringan banyak permasalahan adat yang masih karut marut. Saya akan fokus agar kelembagaan adat di Rohul ini tertata dengan baik, jika kelembagaan sudah tertata baik apa yang jadi target akan mudah tercapai,” ujarnya.

Disinggung terkait pelaksanaan Musda ke V yang juga digelar H Zulyadaini, H. Suparman menyatakan sudah membuka diri untuk bermusyawarah. Bahkan dia mengakui telah mengundang H Zulyadaini mengikuti Musda ke-V, agar tidak ada anggapan pihak luar, Lembaga Adat kita tidak beradat namun tidak direspon oleh H Zulyadaini.

“Kita tuan rumah dinegeri ini, dengan mempertontonkan hal yang tidak lazim. Maka sadarkan itu, kalau ada yang lebih hebat dari Suparman,” kata Suparman

Selanjutnya beliau meyatakan bahwa tidak mesti Suparman jadi ketua LAMR kalau untuk kepentingan adat yang lebih baik. Kemudian aya berkali-kali undang H. Zul dan panitia kubu sebelah, kalau memang anda beradat, tak perlu sembunyi-sembunyi kita bentangkan di tempat datar kita tegakan sampai ke langit,” ujarnya.

Ditegaskan oleh Suparman bahwa dia tidak pernah merampok jabatan H Zulyadaini sebagai Ketua LAMR Rohul dan. mengaku hanya melaksanakan Mandat yang diberitakan LAM Riau, karena kepengurusan H Zulyadaini sudah berakhir dan tidak mampu melaksanakan Musda.

“Masa jabatan beliau H.Zulyadaini telah berakhir maka oleh LAM Riau saya diberikan kesempatan untuk menggelar musda, jadi tidak ada saya merampok jabatan orang,” jelasnya.

Terkait dengan ketidak hadirnya pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam Musda ke-V di Sapadia, Suparman mengatakan, lembaga adat tidak mesti dihadiri pemerintah, karena Lembaga Adat ini mandiri kekuasaannya, ada pada 5 luhak dan LKA pemerintah tidak punya hak suara. (IP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *