Universitas Samudra BPBD Langsa Melakukan Kegiatan Simulasi Bencana Bagi Siswa

 

 

Langsa Aceh.fokuskriminal.com.22/22
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa  menjadi pembicara dalam kegiatan Pelajar Siaga Bencana di Tiga Sekolah  Kabupaten Aceh Tamiang ,Kamis   pada 22 September 2022 .

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Universitas Samudera   yang bekerjasama dengan BPBD Langsa ,Provinsi Aceh  di sekolah SMP , Muhammad diyah dan Semip.  Kuala Simpang. kepada puluhan siswa dan siswi di sekolah tersebut.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama pemaparan materi edukasi pengenalan bencana alam baik banjir, tsunami, gunung longsor dan gempa yang dipaparkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Langsa melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagan,  saat dikonfirmasi oleh awak media yang dilansir oleh fokuskriminal.com.  Penyampaian materi menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak serta diselingi dengan Selawat Nabi.Kepada Nabi kita Muhammad Saw.

Pemaparan  bencana hingga tanya jawab mengenai mitigasi bencana. Dengan materi mitigasi bencana sejak dini diharapkan mereka dapat lebih siap dan siaga dalam menghadapi bencana yang akan terjadi. Ini dikatakan oleh Dr .T Hasan Basri ,SP.d.M.Pd KA. UPT Laboratorium dasar Unsam. Dihadapan puluhan siswa siswi .dan awak media.agar kita dapat membantu yang kenak musibah saling bergotong royong.

Selanjutnya Kepala pelaksana BPBD Kota Langsa Nursal , melalui Kabid Rehabilitasi dan  Rekonstruksi Ir.T.Ismail Manyak, MT Mengatakan ” suatu percikan api yang menyentuh bahan yang mudah terbakar secepatnya membesar maka dari itu secepatnya antisipasi pencegahan Kebakaran  , melakukan pemeriksaan dan pertolongan dengan mengamankan barang dan alat mudah terbakar, mengunakan kain basah untuk menutup bahagian yang terbakar agar tidak menjadi api besar. Tutup Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Langsa.

Selanjutnya sesi kedua mengenai edukasi kebakaran yang dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan bencana kebakaran melalui alat pemadam api di lapangan terbuka yang difasilitasi oleh Kabid  Kedaruratan, Pemadam Kebakaran, Kepala sekolah, guru dan para siswa melakukan praktik langsung cara pemadaman api secara sederhana baik melalui karung basah dan alat pemadam api ringan (APAR). Kegiatan diharapkan dapat menambah pengetahuan dalam pengurangan risiko bencana. Ungkap Kabid Damkar Marjoni SH.yang diikuti 3 sekolah Yaitu Muhammad diyah ,Semip dan SMP Negri 2 Kuala Simpang.

Pelatihan dan simulasi mitigasi bencana bagi siswa diikuti  siswa SMP Negri 2 Kuala Simpang ,Siswi Muhammad diyah dan siswa Semip.

kadis pendidikan Dan kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang Drs Abdul muthalib. kabid Damkar BPBD Langsa Marjoni SH .Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi,Ka. UPT Laboratorium dasar Unsam Dr .T Hasan Basri,SPp.M.Pd. kepala sekolah SMP Negri 2 Kuala Simpang dan seluruh personil BPBD Kota Langsa yang Hadir.diacara tersebut,” ungkapnya kepala dinas BPBD langsa disamoaikqn kepada awak media,”

( Wan atjeh)
Kaperwil Aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.