Ketua( KIP) Kota Langsa,Melantik 198 Anggota PPS Gampung ,Tahapan Pemilu Tahun 2024

Langsa ( Aceh) fokuskriminal.Com 24/23
Komisi Indenpenden Pemilihan (KIP) Kota Langsa melantik sebanyak 198 Panitia Pemungutan Suara (PPS) gampong/desa dalam wilayah Kota Langsa, di halaman KIP setempat, Selasa (24/01/23)

Ketua KIP Kota Langsa, T Faisal SH, dalam amanatnya mengatakan pelaksanaan apel gelar pasukan ini dilakukan serentak secara nasi lingkungan KIP/KPU Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang merupakan bentuk nyata KPU dan jajaran dibawahnya dalam upaya mensukseskan tahapan Pemilu Tahun 2024

“Pelaksanaan apel hari ini digelar berbarengan dengan pelantikan Panitia Pemungutan Suara se-Kota Langsa. Perlu kami sampaikan bahwa, setelah melalui beberapa tahap proses seleksi Pembentukan PPS yang ketat maka terpilihlah 198 putra-putri terbaik di Kota Langsa untuk mengemban amanah yang berat dalam pelaksanaan Pemilu 2024 kedepan yang juga sebagai perpanjangan tangan KPU RI di tingkat desa/gampong dalam melaksanakan segala tahapan pemilu 2024 yang di amanahkan Undang-Undang,” terang T Faisal.

Lanjutnya, perlu kami tegaskan, bahwa tugas dan tanggungjawab saudara sekalian sebagai seorang PPS tidaklah mudah, banyak tahapan-tahapan yang sudah menanti di depan mata, oleh karenanya diperlukan semangat , jiwa pembelajar, dan integritas yang tinggi untuk melaksanakan tahapan-tahapan tersebut.

Sementara itu, Pj Wali Kota Langsa, Ir Said Mahdum Majid, dalam arahanya terlebih dahulu selaku kepala pemerintah beserta segenap jajaran serta mewakili masyarakat Kota Langsa mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh anggota PPS terpilih dalam Wilayah Kota Langsa untuk Pemilu 2024.

“Pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji anggota PPS terpilih ini, telah menyatakan komitmennya untuk mengemban amanah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota PPS ditingkat gampong secara jujur dan adil,” imbuhnya.

Selanjutnya, Said Mahdum “menyatakan Pemilihan Umum secara langsung atau disingkat dengan PEMILU merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemimpin-pemimpin baik di daerah maupun ditingkat pusat yang demokratis berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Penyelenggaraan pemilihan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dapat terwujud apabila dilaksanakan oleh penyelenggara pemilihan umum yang memiliki integritas, profesionalitas, dan akuntabilitas.

Dimulai dari tingkat bawah yaitu ditingkat gampong, dalam hal ini adalah PPS. Apabila sifat Luber dan Jurdil telah terjaga dengan baik ditingkat gampong, maka Insya Allah proses dan hasil pemilu tersebut juga akan terjaga sampai ketingkat Kecamatan, Kabupaten, Propinsi bahkan sampai ke Pusat.

“Dalam konteks tersebut, maka Pemerintah telah mengeluarkan Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang penyelenggaraan Pemilihan Umum, dimana dalam undang-undang tersebut mengisyaratkan bahwa penyelenggaraan Pemilu ditingkat Kecamatan akan dibentuk PPK, serta untuk penyelenggaraan Pemilu di tingkat desa/ kelurahan atau gampong kalau di Aceh akan dibentuk PPS,” terangnya.

Selain UU nomor 7 tahun 2017, KPU juga telah mengeluarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Sekretaris KIP Kota Langsa, H Muhammad Dahlan S.Sos, menjelaskan bahwa KIP, menyatakan prosesi pelantikan anggota PPS se-Kota Langsa telah usai dilaksanakan dan ini membuktikan keseriusan Pemilu 2024 mendatang.

Hadir, Ketua DPRK Langsa, Maimul Mahdi, S.Sos.I, Kadis DPMG Kota Langsa, Al Azmi SSTP MAP, Kaban Kesbangpol Kota Langsa, Drs Zulhadisyah S MSP, anggota KIP Kota Langsa, Samsul Bahri MA, Marzuki, Ridwan ST, Syukri ST dan juga Panwaslih Kota Langsa ungkapnya,”

( wan Atjeh)
Kaperwil Aceh

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *