Desa Battu Winangun Gelar Pelatihan Bagi Ketua Rukun Tetangga Se-Desa 

SUMSEL, Fokuskriminal.com – Guna meningkatkan kwalitas para Ketua Rukun Tetangga (RT). Pemerintah Desa Battu Winangun Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu OKU. menggelar Pelatihan

Dengan tema “Tugas dan Fungsional RT Dalam Pelayanan Pemerintah”, Khususnya di Desa Battu Winangun Selasa (18/12/2018).

Bertempat diruang aula Kantor Kepala Desa Batu Winangun, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD). Sebagai nara sumber, yang di wakili Sekretarisnya Yoyin Arifiyanto AP.MSi, Kepala Desa (Kades) Batu Winangun Selamat Parida, Perangkat Desa Batu Winangun, Pendamping Desa, Ketua RT, se-Desa Batu Winangun dan undangan lainnya yang berjumlah 38 orang

”Bukan hanya pembangunan Fisik namun membangun SDM adalah salah satunya yang terpenting, dari pelatihan ini mulai dari tingkat RT, perangkat Desa Harus diberikan pemahaman, pengertian, bagaimana mengembangkan desa supaya menjadi maju dan berkembang” Kan itu harapan kita, dari segi aturan yang berkaitan dengan desa,” kata Sekertaris PMD Yoyin Arifiyanto AP.MSi. saat di bincangi Wartawan.

Desa itu berkembang terus dan apa bila kita tidak up date, kita bisa tertinggal terus,”Jelas Yoyin.

Membangun kesejahteraan masyarakat desa itu tidak semudah yang kita bayangkan” Contohnyo, kalau membangun Fisik prasarana membangun jalan setapak misalnya, satu atau dua bulan selesai, tapi untuk membangun mental masyarakat butuh pengetahuan tentang itu, dalam hal merubah maenset Masyarakat itu butuh yang lama, adanya pelatihan semacam ini, jangan dianggap remeh, tapi kita ambil efeknya yang sangat besar manfaatnya apa lagi untuk masyarakat Desanya masing masing,”Terang Yoyin.

Memang Kementrian Desa mengharapkan adanya Dana Desa ini bukan sekedar mewujudkan Fisiknya saja, tapi sarana Prasarana pemberdayaan Masyarakat Desa juga ,dan adanya pelatihan ini, kita harus terus memberikan pemahaman.

Untuk memberikan suatu pemahaman bagi orang bukanlah mudah, kalau satu kali belum tentu masuk dan langsung paham, apa lagi pesertanya banyak ada yang cepat, ada yang belum memahaminya, mangkanya disarankan oleh Kementrian Desa pemberdayaan Masyarakat desa harus berkesinambungan meningkatkan SDM dan tercipta desa yang sejahtera ,” ungkapnya

Sementara itu Kepala Desa Batu Winangun mengatakan,”Adanya Pelatihan ini yang pertama untuk membantu Kepala Desa, bersama-sama memajukan dan membangun serta membina Masyarakat yang sesuai dengan Tupoksinya masing – masing, Khususnya di Desa Battu Winangun ini,”Jelas Kepala Desa.

Jujur banyak perangkat Desa belum memahami Aturan dan Juknisnya, jangan sampai “perangkat Desa menjadi Kepala Desa,” untuk menanggulangi hal semacam itu, maka kita menggelar Pelatihan, “Tugas dan Fungsional RT Dalam Pelayanan Pemerintah”.
Di Desa Batu Winangun ini. Pungkasnya.

 

(marshal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *