Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT Bersama Kepala Dinas Damkar, Burhan Gurning Melihat Aplikasi Smart Rescue

oleh -203 views

PEKANBARU, Fokuskriminal.com – Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Pekanbaru akhirnya melakukan soft launching aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam memberikan laporan Kebakaran Kamis (20/12/2018). Aplikasi tersebut bernama ”Smart Rescue”.

Aplikasi tersebut nantinya akan di launching saat ulang tahun Damkar tingkat nasional ke-100 di tahun 2019 mendatang.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT yang didampingi oleh  Kepala Dinas Damkar Pekanbaru, Burhan Gurning menyebutkan dengan adanya aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat dalam memberikan laporan.

“Saat ini koordinasi antara petugas damkar, pihak Kepolisian dan PLN mengenai kebakaran sangat minim. Dengan adanya aplikasi ini petugas Damkar bisa melayani masyarakat dalam hal kebakaran lebih cepat. Bahkan petugas kita datang ke lokasi sigap dan cepat datang ke lokasi dan memadamkan api lebih cepat,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan adanya aplikasi dikarenakan banyak warga yang tidak mengetahui nomor darurat untuk menghubungi dinas pemadam kebakaran. Hal itu yang sering menjadi penyebab lambatnya laporan terjadinya kebakaran.

“Tadi saya juga menyarankan ke dinas Damkar nama aplikasinya ”Smart Rescue”. Nantinya aplikasi ini bisa terintegrasi dengan pihak PLN dan kepolisian,”katanya.

Bahkan kata Wako, Damkar juga telah melakukan kerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Polresta Pekanbaru. Dimana kerjasama yang dilakukan dengan PLN untuk memtuskan arus listrik saat kebakaran agar kebakaran tidak meluas saat kebakaran.

Sedangkan kerjasama dengan pihak Polresta Pekanbaru agar mengatur lalu lintas. Dimana saat mobil pemadaman kebakaran untuk menuju lokasi kebakaran tidak terjadi kemacetan karena pihak kepolisian bisa mengatur lalu lintas. Sehingga petugas damkar bisa datang ke lokasi kebakaran lebih cepat kurang dari 15 menit.

“Dengan Aplikasi ini dan kerjasama dengan PLN dan Polresta Pekanbaru petugas kita bisa bekerja dan tidak menggunakan HT lagi menuju lokasi kebakaran,”urainya

Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi dengan dengan berbagai pihak terkait aplikasi ini. Nantinya inovasi digital tersebut muncul dalam bentuk aplikasi layanan smartphone.

“Aplikasi ini nantinya  bisa diakses oleh masyarakat Kota Pekanbaru, dan diunduh melalui playstore pada smartphone berbasis Android. Caranya cukup gampang, yakni dengan masuk ke fitur Playstore dan lakukan pencarian di Google Play dengan mengetik kata “Smart Rescue”. Nanti akan tampil aplikasi tersebut dan anda bisa menginstalnya,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya aplikasi tersebut bisa memudahkan pelayanan terhadap pemadaman kebakaran di Kota Pekanbaru. Dan kecepatan Damkar dalam melayani masyarakat bisa teratasi.

“Inovasi yang dibuat dan kecapatan dalam pemadaman kebakaran tentunya respon damkar dan laporan masyarakat dalam kebakaran bisa teratasi,”harapnya. (*)