14 Manfaat Konjac Atau Porang Untuk Kesehatan

oleh -

PANARAGAN TULANG BAWANG BARAT LAMPUNG, fokuskriminal.com -Manfaat porang untuk kesehatan

Menurut penelitian mei 2016, Saptu 12 Oktober 2019.

Dalam, “journal of food hydrocolloids”,glukomanan berfungsi :
1.mendukung penurunan berat badan
2.merangsang mikroba yg hidup di usus besar
3.merangsang sistem kekebalan tubuh
4.mengatur kadar gula darah
5.mengatur kadar kolesterol
6.mengurangi trigliserida
7.prebiotik yg bermanfaat utk usus
8.bantu atasi divertikulitis
9.bantu atasi diare
10.bantu atasi diabetes
11.bantu atasi penyakit iritasi usus
12.meringankan sembelit
13.pasang patogen dan mencegah penyakit
14.memberi rasa penuh/kenyang pada lambung.

Seperti semua makanan kaya serat ,porang harus di konsumsi dalam jumlah sedang.Jika anda mencoba meningkatkan asupan serat makanan ,anda tidak harus melakukan sekaligus karena mungkin akan mengalami efek samping.

Mengkomsumsi serat secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah usus,termasuk kram,diare,bahkan sembelit.Sebagai prebiotik porang mengandung rantai pendek yang dapat di fermentasi (juga di kenal sebagai FODMAP ATAU OLIGOSAKARIDA YG DPT DI FERMENTASI ,DISAKARIDA,MONOSAKARIDA DAN POLIOL).

Kandungan karbohidrat yang dapat di fermentasi dalam porang biasanya baik untuk kesehatan,tetapi sulit bagi orang-orang tertentu untuk mencernanya. Ketika anda makan porang,karbohidrat ini berfermentasi di usus besar di mana mereka dapat menyebabkan berbagai efek samping gastrointestinal.

Makanan kaya fodmap dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti kembung,gas,kram dan sakit perut.Orang-orang tertentu seperti mereka yg mengalami sindrom iritasi usus besar,mungkin perlu menghindari makanan kaya fodmap.

Jika anda pernah mengalami masalah usus yang tidak menyenangkan setelah makan porang,anda mungkin perlu membatasi asupan karbohidrat yang dapat di fermentasi atau hanya mengkomsumsi lebih sedikit product Konjac atau Porang.(*)