Disperindagkop UKM Bateng, Masyarakat Waspadai Prodak Yang Kedaluwarsa

oleh -

KOBA – FokusKriminal –  Menjelang Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Disperindagkop UKM) Bangka Tengah (Bateng) imbau masyarakat waspadai prodak kedaluwarsa.

Kepala Disperindagkop UKM Bateng, Kaharuddin juga meminta masyarakat agar melaporkan jika menemukan adanya prodak kedaluwarsa yang di jual oleh pedagang. Pihaknyapun akan segera menindaklanjuti dengan mendatangi toko, agen dan distributor yang kedapatan menjual prodak kedaluwarsa tersebut.

“Perlu kita pahami bahwa Konsumen di lindungi UU Nomor 8 tahun 1999. Jika pedagang terbukti dengan sengaja menjual prodak kedaluwarsa, maka sesuai pasal 62 ayat 1 akan di kenakan sanksi hukuman penjara selama 5 tahun dan denda Rp.2 Milyar,” kata Kaharuddin, Sabtu (21/12).

Kaharuddin mengaku saat ini pihaknya tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Bateng telah menjadwalkan pelaksanaan kegiatan pemantauan harga komodity pangan, ketersediaan stok barang sembako dan pengawasan keamanan pangan menjelang hari raya natal 2019 dan tahun baru 2020.

“TPID Bateng itu sendiri beranggotakan perwakilan setiap instansi Pemerintah, antara lain Polres Bateng, BPOM Babel yang sekarang ini terkonsentrasi melakukan pemantauan di tiga titik wilayah Bateng. Sasaran pemantauan, yakni toko, Agen dan Distributor di wilayah Kecamatan Koba, Sungai selan dan Pangkalan baru,” ungkap Kaharuddin.