Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020 Untuk Kegiatan Pembangunan Tahun 2021 Desa Rombiya Timur Dihadiri Polsek Ganding

oleh -
SUMENEP,  fokuskriminal.com – Acara  Musyawarah perencanaan pembangunan Desa (Musrembangdes) Tahun. 2020 untuk kegiatan Tahun 2021. yang ditempatkan dibalai Desa Rombiya Timur Kecamatan ganding  Kabupaten Sumenep madura jawa timur, 21 Januari 2020
09.00 wib s/d 11.00 wib.

Adapun yang hadir Acara ini Salah Satunya dihadiri oleh, C
amat Ganding Faruk Hanafi, S.Sos. Msi.
Kapolsek Ganding. IPTU DRS ABD SALAM diwakili Kanit Sabhara Aiptu Syamsul F, Kanit Provos Aipda Agus BSH dan Kanit Intel Bripka Subairi, Danramil Ganding Letda Inf. Chamim, Babninsa Serda Sopian dan Serda Wagiyono. Ketua Tim penggerak PKK Kec. Ganding. Kasi PMD Kec. Ganding Abd. Razak. Kades Rombiya Timur sdri. Hayati. Sekdes Rombiya Timur  sdr. Hodaili. Para UPT dan Koordinator Sekecamatan Ganding. Bidan dan Perawat Desa Rombiya Timur. PD dn PLD Kec. Ganding. Para Perangkat Desa, Toga, Tomas dan keterwakilan perempuan Desa Rombiya Timur.

Ketua BPD Desa Rombiya Timur Jausi, Dengan Camat Ganding sdr. Faruk Hanafi S. Sos, Msi, “Menjelaskan Musrenbangdes ini dilaksanakan dalam rangka pembangunan Desa untuk pembangunan Tahun 2021. Pelaksanaan Musrenbangdes merupakan Usulan dari tingkat Musyawarah Dusun (Musdus) dan dibawa ketingkat Desa dan tingkat Kecamatan dengan biaya dari APBD Kabupaten dengan usulan skala prioritas”, jelasnya.

Usulan yang belum terealisasi tahun kemarin Agar diusulkan lagi  berkesinambungan. Tahun 2020 adalah tahun politik yaitu Pilkada yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020 dan pada Bulan November 2020 Pelaksanaan Pilkades serentak, agar bersama-sama menjaga keamanan, dan kami selaku Forpimka Ganding menghimbau agar dalam pelaksanaan Musrenbangdes berjalan Aman.
Ketua tim penggerak PKK Kecamatan  Ganding saudri. Asizah menjelaskan. Program-program 10 PKK agar di optimalkan pada saat pertemuan ditingkat Desa. TP. PPK tingkat Kecamatan Ganding mengutamakan program Pemberdayaan ibu-ibu PKK tingkat Desa. jelasnya.

Terkait pemberdayaan harus menghidupkan kembali Dasa Wisma agar kegiatan kita harus sampai ketingkat pelosok Desa, karena pemberdayaan sudah ada kucuran dananya terkait program UP2K (harus berbentuk kelompok) yang sebelumnya didanai dari Kabupaten, maka bisa didanai dengan dana DD dan ADD

Sambung Kapolsek Ganding IPTU DRD ABD SALAM, diwakili Kanit Sabhara Aiptu Syamsul F. Kami selaku pihak keamanan pesan kami agar Poskamling yang tidak ada agar dianggarkan ditiap-tiap Dusun demi keamanan bersama, dan apabila sudah ada agar diaktifkan kembali penjagaannya, apabila ada orang asing/ tamu dari luar Desa Rombiya Timur harus wajib lapor 1×24 jam.

Desa Rombiya Timur selama tahun 2019 kejadian sampai dengan saat ini aman dan kondusif karena tidak ada kejadian pasca pelaksanaan Pilkades Serentak. Mohon kerjasamanya yang baik kepada masyarakat apabila ada kejadian tindak pidana agar diinformasikan kepada pihak Polsek

Selama permasalahan bisa di atasi ditingkat Desa dipersilahkan dengan mengetahui Kepala Desa karena diDesa sudah ada Babinkamtibmas dan Babinsa yang bisa menjadi Mitra dari Kepala Desa.
Kami berharap kepada Masyarakat Desa Rombiya Timur untuk menjauhi Narkoba dan minum-minuman keras karena akan merusak mintal para pemuda.

Patuhi Perundang-undangan seperti berlalu lintas sesuai dgn UU No. 22 tahun 2009.
Menjelang Pilkada Kab. Sumenep 2020, agar masyarakat tidak ada yang menjelek-jelekkan dari masing-masing pasangan calon sehingga akan berdampak kepada keamanan.
Memasuki musim penghujan kami menghimbau kepada masyarakat Desa Rombiya Timur agar tidak membuang sampah sembarangan dan diwajibkan menjaga lingkungan dengan cara penghijauan dimasing-masing lingkungannya antisipasi bencana alam seperti (longsor dan puting beliung).jelasnya

Dilanjut UPT . Puskesmas Ganding diwakili KA TU sdr. Adip Karama. Pihak Puskesmas Ganding pada tahun 2020 Puskesmas akan melaksanakan hajatan dan mohon dukungannya. Akreditasi Puskesmas pada Bulan Maret 2020. Para UPT Puskesmas yang ada di Kab. Sumenep akan berubah menjadi BUMD.  Program Indonesia Sehat (seperti Penyakit tidak menular, Stunting, wakeswa, dll). Pihak Puskesmas Ganding terkait usulan KB dan Persalinan sehingga harus bersinergi bidan dan Perawat Desa Rombiya Timur terkait kendala yang dialami ditingkat Dusun. Pendampingan Desa terkait kesehatan agar terdeteksi dengan pengkaderan Kesehatan seperti Posbindu, UKBM dll. Memasuki musim penghujan agar masyarakat lebih peka sehingga tidak terjangkit DBD.

Koordinator Dispertahortbun Kecamatan. Ganding sdri. Andi Taufani. Program pihak Dispertahortbun harus berbentuk kelompok seperti Poktan khusus Desa Rombiya Timur terdapat 10 Poktan tersebar di 8 Dusun, bagi poktan yang membutuhkan bantuan seperti peremajaan pohon kelapa yang sudah tua, rumah pompa lahan kering, Alsintan (seperti : Handtraktor) sehingga bisa diajukan dan pertanggung jawaban adalah Ketua Poktannya dan harus dirawat dengan baik. Pembinaan bagi Poktan yang resah terhadap tanaman jagung yang terkena hama ulat grayak, bisa dikomunikasikan kepada para penyuluh tingkat Desa secara berjenjang.
Kepala KUA Kec. Ganding sdr. K. Abdullah. Kami dari pihak KUA Kec. Ganding menghimbau kepada para pemohon yang akan mengajukan perkawinan agar terkait administrasi harus dilengkapi, terkait umur sesuai dengan Peraturan yang syah perkawinan Min usia calon pria dan calon wanita umur 19 tahun, karena sudah berbasis Elektronik.

Program dari Kanwil Jatim tahun 2020 yang Bekerjasama dengan BNN terkait rencana Calon pengantin harus melampirkan test Urine dan dari 27 Kecamatan yang ada di kabupaten Sumenep yang menjadi percontohan masih 1 yaitu : Kecamatan Kota Sumenep.
Setiap calon pengantin terlebih dahulu akan dilaksanakan pelatihan/ pemahaman yang dilaksanakan oleh para penyuluh tingkat Desa berrujuan untuk mengurangi tingkat perceraian

Penutup/Doa oleh KH. Abdullah kepala KUA Kecamatan Ganding. Pelaksanaan Musrenbangdes yang diikuti oleh para peserta
Selama pelaksanaan berlangsung situasi berjalan aman tertib dan lancar. pungkasnya ( Riel )