KOMISI II DPRD Kab.Solok Kunjungi Lokasi Pemberian Dana Bantuan Pengembangan Holtikultura

oleh -

Solok, FokusKriminal.com –  Senin (2/3) Wali Nagari bersama Kepala Jorong dan PPL mendampingi Kunjungan KOMISI II DPRD Kab.Solok yg diketuai Yetty Aswarti,wk ketua Nosa Eka Nanda, sek Faizal, Vivi Yulistia Rahayu, anggota, Dian Anggraini, M.Syukri, Jamris, Iskan Nofis, Pendamping, Kadis Pertanian diwakili Kabid Sapra Dafrizal, Camat diwakili Sekcam Edi Solmar, Balai Penyuluh Pertanian Lembang Jaya Almito,SH. Penyuluh Pertanian Se Kec.Lb Jaya, Staf Sektretariat DPRD Kab. Solok
di Lokasi Kelompok Tani Harapan Keluarga Penerima BANTUAN PENGEMBANGAN KAWASAN HORTIKULTURA HIBAH KOMODITI BAWANG PUTIH APBN 2019 untuk Nagari Koto Laweh dengan Jumlah Lahan seluas 25 Ha. Nilai Bantuan 1 Ha Sebanyak
Rp. 34.000.000,- dengan total bantuan
Rp. 850.000.000,-
Sarana yang dibantu berupa :
1. Bibit 500 Kg/Ha
2. Plastik 120 Kg atau 6 BAL.Besar
3. Kapur 125 Kg.
Bantuan ini telah tersebar di 7 Kelompok Tani Nagari Koto Laweh, diantaranya HARAPAN KELUARGA 4 Ha, HARAPAN BARU 4 Ha
WANITA SUKA MAJU 5 Ha, KAYU SATI 4 Ha
HIJRAH SEPAKAT 3 Ha, TUNAS LINJUANG 3 Ha, dan BERINGIN INDAH 2 Ha.
Dari hasil diskusi Wali Nagari KASYANTI, SP bersama Kasi Perbenihan dan Perlindungan Bidang Horti Disperta Kab. Solok Bapak MUSMULYADi, SP sebagai Penanggung Jawab Khusus Bawang Putih dan Kepala BPP Kec. Lembang Jaya Bapak ALMITO dibutuhkan tahapan berikut :
1. Kepada kelompok tani diharapkan melakukan pemeliharaan tanaman sampai layak dijadika benih sampai pada umur 120 HST (varietas Lumbu Hijau).
Jika cuaca tidak mendukung harus dilakukan “panen pilih” artinya tanaman yang bermasalah dipanen lebih dahulu untuk menjaga kwalitas umbi.

2. Kelompok harus menyediakan benih kegiatan tahun 2020 untuk intensifikasi kawasan Bawang Putih sebanyak 500 kg / ha.

Dengan telah difasilitasinya beberapa Kelompok Tani dalam pengadaan bantuan Melalui Program Pengembangan Kawasan Hortikultura th 2019 ini mewakili Kelopok Tani dan Masyarakat Koto Laweh, Wali Nagari beserta seluruh jajarannya menyampaikan ucapan Terima kasih pada Kementrian Pertanian Republik Indonesia, dan PEMDA Kab. Solok semoga semua bantuan yang sudah disalurkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok dan masyarakat secara umum.
Dan terima kasih kepada DPRD Kab. Solok yang sudah berkunjung langsung ke lokasi penanaman Bawang Putih.
Semoga kegiatan ini akan menjadi inspirasi buat kita semua dalam upaya penongkatan Kesejahteraan masyarakat ke depan. (Aronaldi)