Dinas Kesehatan Tubaba Angarkan RP 6,191 Miliar Untuk Hadapi Wabah Covid-19

oleh -

PANARAGAN TULANG BAWANG BARAT, (Fokuskriminal.com) -Hadapi wabah Corona Virus Disease (Covid-19), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, gunakan anggaran Rp 6,191 Miliar untuk membeli berbagai macam kebutuhan.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Tubaba Majril, saat dikonfirmasi oleh awak media melalui pesan washap di panaragan (03/04/20) dini hari. Bahwa anggaran Rp 6,191 Miliar tersebut sudah kita realisasikan untuk tiga item kebutuhan utama, yakni, Desinfektan, Alat Pelindung Diri (APD), dan Masker.

“Sumber dana dari tersebut dari APBD dan APBN, total anggaran Rp 6,191 Miliar, Yang sudah kita alokasikan tentunya untuk berbagai macam keperluan Alat Kesehatan (Alkes) terutama di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat, dan ada juga yang kita bagikan ke masyarakat seperti Masker.” ungkapnya.

Selain itu,dari anggaran tersebut ada kurang lebih Rp 1,5 Miliar untuk alat kesehatan dalam menunjang ruang isolasi RSUD, seperti Ventilator yang berfungsi membantu kerja paru-paru, dan itu masih kita pesan.

“Untuk yang dalam pemesanan lainnya yakni, APD untuk para tenaga kesehatan kita sebanyak 500 pesanan, dan hari senin ini akan sampai 200 APD terlebih dahulu,” ungkapnya.

Adapun untuk RSUD, jelasnya, kita sudah siapkan 1 ruang Isolasi Tekanan Negatif, 4 ruang Isolasi Biasa, dan kita tambahkan 6 ruang Isolasi Biasa lagi, sehingga menjadi 11 ruang Isolasi.

“Tentunya kita berharap, agar Kabupaten Tubaba bebas dari Covid 19, dan kami dari Kesehatan pun telah bekerja dengan maksimal, sehingga masyarakat diharapkan juga bisa bekerja sama, terutama jika ada anak atau saudara yang baru pulang dari perantauan harap segera lapor aparat Tiyuh (Desa) untuk Cek di Puskesmas setempat, ” imbuhnya.