Pasien Positif Covid-19 Bertambah Wabah DBD Berkembang

oleh -

PANARAGAN TULANG BAWANG BARAT – Pada hari minggu kemarin telah diumumkan dari swab terkonfirmasi positif Covid-19 di Tubaba bertambah menjadi 4 orang namun hal ini disusul oleh berkembangnya Wabah Demam Berdarah (DBD) selama tahun 2020 ada 24 kasus sedangkan untuk bulan April terdapat 5 kasus pasien DBD yang tercatat dalam pantauan Puskesmas Candra Mukti, 28 April 2020.

Berdasarkan keterangan dari dr. Hendry P. Tanjung saat ditemui oleh fokuskriminal.com sekira pukul 10.24 wib diruang kerjanya ZEBE BEATA MEDIKA Pulung kencana.

“Pasien DBD yang kami rawat ada 6 orang diantaranya 4 orang berasal dari Tiyuh Pulung Kencana, 1 orang dari Tiyuh Mulya Jaya dan 1 orang dari Tiyuh Murni Jaya, semua pasien sudah kami laporkan sesuai Puskesmas masing-masing untuk menindaklanjuti nya. “Ungkapnya.

Selain itu dr. Hendry juga berharap kepada pemerintah serta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.
“Harapannya yang paling penting itu kebersihan lingkungan, jentik-jentik nyamuk nya di basmi bukan hanya sekedar di semprot-semprot ( voging) itu biasa disemprot sekali dia muncul lagi jentik-jentik nyamuknya. Jadi kebersihan lingkungan itu harus ditingkatkan. “Harapnya.

Namun hal ini sangat disayangkan Kepala UPTD Puskesmas Candra Mukti Ahmad Sobri tidak akan melakukan penyemprotan (voging) sebelum ada pembersihan dari masyarakat.

“Tadi pagi sudah kami lakukan voging di Tiyuh Pulung Kencana RK 6 dekat pasar Pulung Kencana. Selain pasien dari Tiyuh Pulung Kencana ada 5 orang, juga ada pasien dari Tiyuh Tirta Kencana 2 orang Tiyuh Tirta Makmur ada 2 orang, Mulya Kencana ada 1 orang dan Mulya Jaya 1 orang, pasien ini dirawat diklinik Pak Pur Margo Kencono ataupun diklinik-klinik swasta. Namun kita tidak akan menyemprot (voging) sebelum masyarakat bergotong royong melakukan pembersihan. “Kata Ahmad Sobri lebih akrab dipanggil dengan sapaan Oni selaku Kepala UPTD Puskesmas Candra Mukti kepada fokuskriminal.com dini hari.

“Pada awal Januari sampai saat ini tahun 2020 terdapat 24 kasus penyakit DBD yang tercatat di Puskesmas Candra Mukti.”Pungkasnya.