Bangun Fisik di Tengah Covid-19, Peningkatan Jalan Rabat Beton Lagan Tengah Diduga Kangkangi UU KIP

oleh -

TANJAB TIMUR – Peningkatan jalan rabat beton di RT 03 dan RT 04 Dusun Sungai Tawar II Desa Lagan Tengah Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi menjadi sorotan awak media.

Pasalnya, pada papan informasi pekerjaan tersebut tidak tertera tahun anggaran dana dan diduga telah kangkangi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Adapun pada papan informasi pekerjaan yang di bangun di tengah pandemi Covid-19 itu hanya menuliskan nilai sebesar 240.720.000 yang bersumber dari Dana Desa (DD) serta volume pekerjaan 250 X 2,5 M.

Padahal pada pasal 7 ayat (2) UU KIP, Badan Publik wajib menyediakan Informasi Publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan.

Sementara itu, Kepala Desa Lagan Tengah, M. Yusuf ketika awak media sambangi tidak berada di kantornya. Namun berhasil dikonfirmasi melalui seluler pribadinya mengatakan peningkatan jalan rabat beton tersebut ialah pekerjaan tahun 2020, Selasa (12/5/2020).

“Tahun 2020 ini,” katanya.

Kemudian, terkait papan informasi pekerjaan yang tidak tertara tahun anggaran dana. Ia menyebut dalam pembuatan papan informasi, pihak Pemerintah Desa Lagan Tengah memesan kepada orang lain, bukan membuatnya sendiri.