Pengguna Jalan Tidak Khawatir Lagi, Penimbunan Bahu Jalan Jalur Dendang Mulai Dikerjakan

oleh -

TANJAB TIMUR – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melalui Bidang Bina Marga Kabupaten Tanjung Jabung Timur mulai melaksanakan kegiatan pekerjaan penimbunan bahu jalan rigit beton di jalur lintas Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Kepala Dinas PUPR Tanjung Jabung Timur Risdiansyah, ST melalui Alber Steven Simbolon, ST selaku PPK saat dikonfirmasi menyebut bahwa kegiatan penimbunan bahu jalan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun anggaran 2020 dengan sistim pekerjaan swakelola yang mengutamakan azas dan mutu pekerjaan, Rabu (10/6/2020).

“Kegiatan penimbunan bahu jalan ini kita kerjakan secara swakelola dengan mengutamakan mutu dan spekulasi pekerjaan, adapun volume pekerjaan 1500 meter kanan-kiri, dengan lebar 1,5 meter,” terangnya.

Lebih lanjut Albert menjelaskan, berdasarkan spesifikasi, lebih awal pekerjaan dilakukan penghamparan tanah timbunan, setelah itu dilakukan pemadatan menggunakan alat berat bomag berkapasitas tekanan 8 ton yang berstandarkan Spekulasi Nasional.

“Tanah kita datangkan sesuai spek, sebelum tanah kita padatkan menggunakan bomag, terlebih dahulu kita ratakan dengan alat grader. Nanti pada item pekerjaan terakhir, lapisan atas kita hampar menggunakan material batu split, lalu kita padatkan kembali dengan menggunakan bomag,” jelas Albert.

Kemudian, Ketua RT 03 RW 01 Kelurahan Teluk Dawan, H. Ridwan berharap kepada pihak terkait, yakni Dinas PUPR agar mengutamakan kualitas pekerjaan dan hasilnya maksimal sesuai dengan yang di rencanakan.

“Saya selaku Ketua RT mewakili masyarakat tentunya sangat bersyukur atas penimbunan bahu jalan ini, yang pasti pengguna jalan tidak merasa khawatir lagi akan jatuh dari bibir jalan,” katanya.

“Mendengar perkataan Pak Albert tadi, bahwa pekerjaan terakhir pada lapisan atas akan dihampar batu split, nah ini kan suatu bukti kalau beliau tidak main-main dalam pekerjaan ini,” tambah Ridwan. (Abah Kunkun)