Resensi Buku Kuliah Ulumul Qur’an | Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc., MA

oleh -

Oleh : Muhammad Ridwan

Identitas Buku


Judul : Kuliah Ulumul Quran

Penulis : Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc., MA.
Penerbit : ITQAN Publishing, Yogyakarta
Tahun : 2016
Tebal : 299 halaman + 12 halaman prakata dan daftar isi

Isi Buku
Buku ini ditulis oleh Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc., MA., seorang pengajar dan ulama Indonesia dari Muhammadiyah. Pada tahun 2006 diangkat sebagai staf pengajar pascasarjana di Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Buku ini terbagi dalam 17 bab, pada tiap bab terbagi lagi ke dalam sub bab yang menjelaskan bab yang dibahas, misalnya pada bab pertama berjudul Pendahuluan, bab ini terbagi ke dalam empat sub bab yaitu pengertian Ulumul Quran, ruang lingkup Ulumul Quran, pembukuan dan pembakuan Ulumul Quran, dan kemungkinan pengembangan Ulumul Quran. Pada bab berikutnya berjudul Al-Quran dan Wahyu, dilanjutkan dengan bab Nuzulul Quran, Makiyyah-Madaniyyah, Yang Pertama dan diturunkan Terakhir, Pengumpulan Al-Quran, Ayat-Ayat dan Surat-Surat Al-Quran, Asbabun Nuzul, Nuzul Quran dalam Tujuh Huruf, Qira’at Al-Quran, Nasikh-Mansukh, Muhkam dan Mutasyabih, Munasabah dalam Al-Quran, Kisah-Kisah dalam Al-Quran, Mu’jizat Al-Quran, sampai dengan bab terakhir yang berjudul Tafsir Al-Quran.
Buku ini sangat baik digunakan oleh kalangan mahasiswa maupun umum sebagai salah satu rujukan dasar-dasar keilmuan Al-Quran.
pengarang menyajikan secara deskriptif mengenai ilmu tafsir, ta’wil, dan terjemah. Penjelasan yang disajikan oleh pengarang cukup jelas dan terperinci sehingga pembaca dapat mengetahui secara mendalam tentang tafsir, ta’wil, dan terjemah yang seringkali dianggap sama oleh sebagian orang. Selain itu terdapat pula sumber-sumber dalam menafsirkan suatu ayat yang meliputi tafsir ayat dengan ayat, ayat dengan hadits, al-Qur’an dengan perkataan sahabat, ra’yu, dan isyari.

Kelebihan dan Kekurangan Buku
1.Penulis mengambil berbagai sumber yang dapat dipercaya, yaitu dari al-Sunnah yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, kitab-kitab terjemahan yang sangat sesuai dengan pembahasan terkait, pendapat para ahli, serta sumber utamanya adalah dari al-Qur’an itu sendiri.
2.Buku ini memiliki pembahasan yang singkat namun mudah dipahami.

Kekurangan Buku
1.Masih ada sejumlah kata-kata yang kemungkinan sulit dicerna oleh pembaca karena ketinggian bahasanya, seharusnya pengarang menggunakan bahasa yang mudah dipahami agar buku ini bisa dinikmati oleh semua kalangan.
2.Ketidakkonsistenan penulis dalam menuliskan sebuah kata yang sama.
3.Terdapat banyak kesalahan dalam ejaan penulisan, meski kesalahan seperti ini seringkali terjadi dalam hampir setiap buku bacaan, namun tidak seharusnya dibiarkan berlarut-larut.