Dede Farhan Aulawi, Geopark Potensi Wisata Indonesia Dengan Keragaman Jenis

oleh -

Indonesia sebagaimana banyak negara di dunia ini sedang menggenjot pariwisata agar menjadi sektor unggulan pendapat bagi masing – masing negara tersebut. Hal ini didasari oleh suatu pemikiran yang sangat logis karena sektor pariwisata bisa menghasilkan devisa bagi negara tanpa merusak lingkungan dan tanpa mengeksploitasi sumber daya serta kekayaan alam, sehingga hal tersebut menjadi satu pilihan yang logis bagi setiap negara.

“ Begitupun dengan Indonesia yang memiliki kekayaan potensi alam yang luar biasa dilihat dari jenis dan jumlahnya, memiliki peluang besar untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan. Di samping itu, pariwisata juga akan menjadi trigger untuk menggerakan banyak sektor ekonomi kemasyarakatan. Jadi satu digerakan, maka akan banyak sektor ekonomi lain yang bergerak. Apalagi potensi geopark Indonesia juga sangat luar biasa “, Ujar Ketua Umum Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi di Jakarta, Minggu (9/8).

Lebih lanjut Dede menjelaskan tentang potensi besar yang dimiliki Indonesia dalam hal Taman bumi, atau dalam bahasa Inggris sering disebut dengan Geopark. Geopark menurutnya merupakan wilayah terpadu dan terdepan dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan, dan mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sana. Dari terminologi tersebut, lahirlah istilah Taman Bumi Global dan Taman Bumi Nasional.