Dihadiri Kwarcab Tanjab Timur, Musran Kuala Jambi Berjalan Lancar

oleh -

TANJABTIMUR – Musyawarah ranting (Musran) Kuala Jambi berjalan dengan lancar. Dihadiri langsung oleh Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Tanjab Tanjab, Syafriwal yang notabene polisi aktif di Polsek Geragai.

Kemudian, tampak hadir pula Ketua Majelis Pengurus Ranting (Ka Mabiran) Kuala Jambi, Taufik Kurniawan, Wakil Ketua (Waka) Mabiran yang sekaligus Kapolsek Kuala Jambi, Iptu Reza, Anggota Mabiran, Darmanjano, Edi Iswanto dan peserta lainnya.

Kegiatan fit musran ini dilaksanakan hari selasa, tanggal 11 agustus 2020 kemarin di Hol Kecamatan Kuala Jambi. Terlihat panitia pelaksana tetap mematuhi protokol kesehatan, para tamu dan undangan yang datang di cek suhunya dengan alat pengukur suhu dan wajib mencuci tangan dan mengunakan masker serta jaga jarak peserta musran.

Syafriwal menyebut, tujuan giat tersebut ialah untuk menetapkan masa bakti pengurusan Kwartir Ranting (Kwarran) Kuala Jambi 2020-2023 sesuai dengan hasil Musyawarah Nasional (Munas) nomor 7 tahun 2018 di Kendari dan Ad-Art gerakan pramuka.

“Dan selamat kepada Kak Adnan yang terpilih memimpin gerakan pramuka Kwartir Ranting Kuala jambi untuk tiga tahun ke depan,” ucap Syafriwal.

“Silahkan bentuk kepengurusan yang baru berdasarkan rapat tim formatur, di mulai kepengurusan mabiran, kepengurusan Kwartir ranting dan kepengurusan lembaga pemeriksaan keuangan (LPK),” paparnya.

Lebih jauh, menurut Syafriwal, karena ada aturan yang mengatur masa jabatan Ketua Kwarran di ranting-ranting, sehingga setiap 3 tahun, musran wajib hukumnya diadakan.

“Pemilihan Kakwarran adalah hak dari para Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan-red) dalam arti kata para kepala sekolah yang ada di Kecamatan, mulai dari tingkat siaga, penggalang dan penegak. Artinya, dari tingkat SD sederajat, SMP sederajat dan SMA sederajat,” jelasnya.

Lalu, pada kesempatan tersebut, Ia mengucapkan terimakasih kepada Ka Kwarran yang lama dan pengurusnya atas kerja yang baik dalam menggerakan pramuka ranting Kuala Jambi selama 2 periode berturut turut.

“Karena masa baktinya sudah habis, harapan ke depan yang terpilih jadi Kakwarran Kuala Jambi harus lebih aktif dan semangat pantang menyerah dalam menghidupkan gerakan pramuka dan tetap bekerja sama dengan unsur mabiran,” ungkapnya.

Masih dalam giat musran, Ka Kwarcab Tanjab Timur juga mengucapkan terimakasih kepada panitia dan kepada Camat Kuala Jambi selaku mabiran yang sangat aktif untuk menggerakan pramuka di kecamatannya. Sebab, lanjutnya, tanpa ada kerja sama antara mabiran dengan Ka Kwarran, pramuka itu akan mati suri. (y90)