Gempa Guncang Jembrana BALI, Tidak Berpotensi Sunami.

oleh -

National Fokuskriminal.com- Gempa berkekuatan magnitudo 5,3 terjadi di Kabupaten Jembrana, Bali pada Sabtu (15/8/2020) pukul 14:12:10 WIB. Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut 144 km barat daya Jembrana. Episenter gempa berada di koordinat 9.51 LS-114.01 BT. BMKG memastikan, gempa dengan kedalaman 10 km di bawah permukaan laut itu tidak berpotensi tsunami. Belum ada laporan terkait dampak yang ditimbulkan dari gempa tersebut. Namun gempa juga dirasakan di sejumlah wilayah dengan skala yang berbeda-beda. Gempa terasa di Jember dengan skala III MMI, Karangkates II-III MMI, Lombok Barat II MMI, Denpasar II MMI, dan Kuta Selatan II MMI.

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum:

– Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa,     seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi.

– Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.