“Terkait Pemberitaan Danrem 031/Wira Bima,Novrizon Burman,,borgolnews.com catut nama Toro,silahkan laporkan Media ini”

oleh -

 

PEKANBARU ,fokuskriminal.com— Terkait dugaan pemberitaan tendensius, dan menyudutkan Dandrem 031/Wirabima, yang diterbitkan beberapa media siber (online) www.borgolnews.com, www.riaubangkit.com berjudul ” Aktivis Larshen Yunus Minta Panglima TNI, Kasad dan Pangdam Bukit Barisan Copot sekaligus Nonjobkan Danrem 031/Wirabima” yang diunggah media siber (online) www.borgolnews.com dan www.riaubangkit.com serta aplikasi Babe yang diambil dari situs www.riaubngkit.com tertanggal 08 Maret 2021.

Brigjen Inf M.Syech Ismed SE.,MHan Komandan Resort Militer (Danrem) 031/Wirabima, lakukan Konfrensi Pers di Makorem 031/Wirabima yang berlokasikan Jl. Sultan Syarif Qasim kota Pekanbaru. Senin (15/03/2021) pukul 15.45 Wib.

Konfrensi pers yang dilakukan tidak hanya dikarenakan pemberitaan yang diduga tendensius dan memojokan dirinya selaku Dandrem 031/Wirabima, melainkan dikarenakan dukungan dan desakan dari para tokoh Melayu, insan pers dan organisasi pers yang ada di Pekanbaru untuk Dandrem 031Wirabima mengambil tindakkan terhadap Narasumber serta media yang diduga menyebarkan dan atau menerbitkan berita yang terkesan menyudutkan dan tendensius tanpa lakukan Konfirmasi kepada pihak TNI AD dan atau Danrem 031/Wirabima sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers yakni menghasilkan berita yang berimbang yang dapat di pertanggungjawabkan.

” Berkaitan dengan berita tiga hari yang lalu dari LY, yang berkaitan dengan jabatan saya selaku Dandrem. Saya sangat kecewa atas apa yang dilakukan oleh LY dan media yang menerbitka pemberitan akan jabatan saya mengenai hal unit TNI yang di pajang di Reza Motor. Berita ini tentunya kurang enak dipandang, padahal anggota saya menjelaskan dan mengklarifikasi kepada LY tentang status mobil truk tersebut. Tidak ada angin, tidak hujan LY langsung meWa saya mengirim neita tersebut. Saya menjawab terimakasih pak, dan ly pun menjawab sama-sama pak.” ungkap Brigjen Inf M.Syech Ismed SE.,MHan Dandrem 031/Wirabima

Sementara pertanyaan awak media akan perihal penghapusan berita yang diduga tendensius dan atau memojokkan Dandrem 031/Wirabima oleh media online www.borgolnews.com, apakah atas permintaan Dandrem sendiri ?

” Saya tidak pernah meminta berita tersebut, untuk dihapus oleh borgolnews.com.” jawabnya dengan tegas

Secara pribadi kita sudah menjawab, namun karena ini berkaitan Institusi dan jabatan. Kita akan tetap meminta pertanggungjawab baik itu kepada LY maupun media yang sudah menerbitkan berita yang terkesan memojokkan kita sesuai prosedur hukum, melalui Perwira saya ke Polda Riau. tambah Dandrem 031/Wirabima

Dan saat dipertanyakan awak media lainnya, apakah sudah ada verifikasi pihak Dandrem kepada media dan Pangdam di pusat ?.

” Masalah klarifikasi kepada media belum, nah ini akan kita sampaikan melalui hakjawab kita nantinya. Sementara kepada pusat atau Pangdam, saya sudah laporkan kepada Pangdam, ternyata Pangdam sudah mendapatkan pemberitaan tersebut. Pangdam meminta untuk mengklarifikasi berita tersebut, dan meminta media yang menerbitkannya untuk bertanggungjawab. tambah Dandrem 031/Wirabima

” Saran saya, selaku orang media. Saya perhatikan www.borgolnews.com ini berbentuk PT berbadan hukum, Penanggungjawabnya Toro. Sudah saya hubungi beberapa hari yang lalu terkait berita ini, dia bilang namanya dicatut oleh pemilik media, silahkan laporkan media ini yang mencatut nama beliau “. beber Novrizon Burman Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Riau

Kedua, Saya Saran juga Reza Motor, Pak Dandrem memberikan Hakjawab. sekalian melaporkan ke Dewan Pers media bersangkutan karena sudah melanggar Kode Etik Jurnalistik, dikarenakan beritanya sangat tendensius tidak memberikan Verifikasi kesempatan pertama.saya pikir itu dulu yang dilakukan oleh Korem bagian Hukum, kalau tidak ada naikan dikirim naikan atau dinaikan baru dapat di Proses hukum.tutup Novrizon

Sementara awak media lain yang ikut juga dalam Konfrensi Pers mempertanyakan berapa nominal yang dipinta yang diduga dilakukan oleh LY, untuk melakukan penghapusan pemberitaan yang telah diterbitkan oleh beberapa media online yang diduga tendensius dan menyudutkan?.

” LY ini tidak pernah ketemu, ia hanya datang ke Kasi Intel saya.Yang disampaikan Kasi Intel kepada saya seperti itu dan disaksikan beberapa oleh media yang ada pada saat itu.” jawab Dandrem 031/Wirabima.

Kalau perihal proses lelang yang dipertanyakan oleh salah seorang pemilik media online yang turut hadir dalam Konfrensi Pers, Dandrem kembali menjawab. ” Perihal proses lelang unit tidak ada korelasi dengan Dandrem, Unit ini milik Kopasus di Solo tahun 2015 lalu. Dan kita sudah sampaikan dan jelaskan kepada yang bersangkutan. Namun tiba-tiba berita yang muncul yang mengatakan tidak ada mediasi, serta penjelasan dari pihak Korem.”

Ditengah Konfrensi Pers yang dilakukan Dandrem, anggota Korem menyebutkan beberapa nama yang dijumpai oleh anggota Korem dalam memberikan klarifikasi terkait unit TNI yang dipajang di Reza Motor, diantaranya yakni Suriani Siboro, Laser Yunus,Tatar Simanjuntak, Ansori Riaubangkit.Com, Purba

” Kalau berita mau dihapus, harus bayar karena tidak mungkin menghapus berita hanya dengan mulut saja.’ beber salah seorang Anggota Korem dihadapan Dandrem dan insan pers yang hadir dalam Konfrensi pers yang telah dilakukan.

Dipenghujung Konfrensi Pers, Dandrem dihadapan Insan Pers yang hadir mengarahkan anggotanya untuk segera memberikan Hakjawab kepada media yang telah menerbit pemberitaan tentang Dandrem 031/Wirabima, dan juga untuk dapat diberikan Hakjawab tersebut kepada rekan-rekan media yang hadir dalam Konfrensi pers nantinya. (Team)

No More Posts Available.

No more pages to load.