“Mangkir dan Kabur dari Panggilan,, mantan Sekdes Ambawang ditahan Kejari Tanah Laut “”

oleh -

Tanah Laut (Kalsel), fokuskriminal.com.-WL Sekretaris Desa Periode 2012 – 2018 ini adalah salah satu tersangka dugaan tindak pidana korupsi proyek pengerasan jalan usaha tani di Desa Ambawang, yang mana besar anggarannya 817.680.776,- ( Delapan ratus tujuh belas juta enam ratus delapan puluh ribu tujuh ratus delapan puluh ribu tujuh ratus tujuh puluh enam rupiah).

Kajari Tala, Ramadani, S.H,M.H, mengungkapkan penyidikan tindak pidana korupsi APBDes anggaran 2017 di Desa Ambawang Kecamatan Batu Ampar, di mana penyidikkan dilakukan berdasarkan surat perintah Kajari Tala surat nomor 01 Mei 2021.

Menurut Kajari Tala telah melakukan penyidikan dan menetapan tersangka saudari WL ,selaku Sekretaris Desa di Desa Ambawang Kecamatan Batu Ampar,kasus ini merupakan pengembangan dari perkara atas nama Sugiman Mantan Kepala Desa Ambawang dan Very Anggriandi selaku Direktur CV.Sumber Jati. sekarang keduanya berstatus terpidana, dimana yang bersangkutan sudah inkrah oleh Pengadilan Tipikor Banjarmasin.

Pada saat ini Kejari Tala melakukan penyidikkan perkara WL dan juga telah melakukan pemeriksaan terhadap kurang lebih 10 orang saksi, juga ahli sebanyak 2 orang.
“Dari alat bukti yang sudah kita himpun dari para saksi dan dokumen dokumen terkait perhitungan kerugian keuangan negara yaitu hasil audit dari Inspektorat Kabupaten Tala diperoleh
bahwa telah cukup bukti untuk menetapkan tersangka WL dalam perkara APBDes 2017 di Desa Ambawang,”ungkap Ramadani saat jumpa pers kepada awak media diruangan lobi Kejari Tala, Rabu (7/7/2021).

Namun, ketika kejari Tala melakukan pemeriksaan dan dilakukan pemanggilan secara patut sebanyak 3 kali yang bersangkutan masih belum koperatif.
dimana pada panggilan ketiga yaitu pada tanggal 6 juli 2021, Kejari Tala melakukan tracking dan langsung mendeteksi keberadaan bersangkutan di daerah Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), selanjutnya dengan lintas Kejaksaan Negeri se Kalimantan Selatan, Kejari Tala melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Negeri HSU,
“Alhamdulillah kita mendapatkan titik terang, dari hasil operasi intelejen mengetahui keberadaan yang bersangkutan, sehingga berhasil dilakukan penangkapan terhadap tersangka WL ini, berdasarkan surat perintah penangkapan kejaksaan negeri tanah laut,”Jelasnya.

Lanjut Ramadani, Kejari Tala mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja Kejari HSU, serta jajarannya atas kinerjanya sehingga bisa menuntaskan penyidikan perkara ini, untuk dapat diselesaikan pemberkasannya,
” kita juga berkoordinasi dengan Kejari Banjarbaru dan menitipkan tersangka disana,dari HSU bergeser ke Banjarbaru dan kita jemput di banjarbaru, terima kasih juga kepada Kajari Banjarbaru yang sudah memproses pergeseran tersangka ini sehingga akan kita lanjutkan untuk diproses di Kejari Tala,”
Saat ini tersangka WL sudah dilakukan penahanan oleh penyidik Kejari Tala, dan di titipkan di Polres Tala,

Untuk diketahui, tersangka WL adalah yang bertanggung jawab terhadap proses pertama pencairan anggaran, yang mana anggaran lebih kurang 350 juta rupiah yang dikirim kerekening rekanan,, Very Anggriandi ,,direktur CV. Sumber Jati, yang saat ini sudah jadi terpidana.
“Yang mana pada 2017 ketika dilakukan lapor anggaran, perkerjaan tersebut belum selesai, dan dinyatakan menimbulkan kerugian keuangan negara yang berpotensi terjadinya tindak pidana korupsi.

maka dilakukan lah penuntasan perkara sehingga segera dilakukan penahanan dan pemeriksaan terhadap tersangka dan akan segera melimpahkan perkara ini dengan secepatnya, untuk segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Banjarmasin,”pungkasnya.

Kontributor Kalsel : Jauhari

No More Posts Available.

No more pages to load.